Jadikan Pertanian Sulteng Tuan Rumah Sendiri


 

Sumber: Humas Pemprov

MENYAMBUT Hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun, Dinas Pertanian Dan Holtikultura Sulteng melaksanakan kegiatan Anugrah Daya Saing produk pertanian tingkat provinsi. Kegiatan itu mengambil tema mewujudkan produk pertanian yang berdaya saing di Palu Grand Mal (15/8/2018).

Sekretaris Daerah provinsi Mohamad Hidayat menilai lemahnya daya saing produk pertanian lokal tidak semata disebabkan kualitas produk yang rendah saja. Tetapi juga karena usaha pertanian yang dikelola petani produsen masih konvensional dari segi manajemen dan teknis. Kondisi ini perlu ditingkatkan dengan berbagai upaya percepatan sehingga memiliki daya saing menghadapi arus persaingan global serta mempertahankan dan merebut pasar konsumen di dalam negeri.

‘’Kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya usaha pertanian yang berorientasi pada mutu dan keamanan pangan sekaligus menjadikan produk pertanian sulawesi tengah menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri," tuturnya.

Lebih lanjut, kebijakan pembangunan yang dilaksanakan senantiasa terus berpihak kepada kepentingan umum guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ‘’Khusus untuk kebijakan pembangunan tanaman pangan dan holtikultura, pemerintah daerah terus mendorong penyediaan pangan menuju swasembada pangan berkelanjutan yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup,"jelasnya.

Menurutnya, hasil pertanian Sulteng sangat baik dan memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan daerah lain di Indonesia. "Beberapa waktu lalu, saya ketemu dengan seorang pengusaha yang memasarkan durian Montong Sulteng di Jakarta,saat itu dia menunjukkan video jualannya dan menyampaikan jika disanding Durian Montong Sulteng dan daerah lain yang ada di Indonesia maka Durian Motong Sulteng sangatlah laris dipasaran," katanya. Kegiatan itu dihadiri Forkopimda, Ketua IKD, Ketua Adhyaksa Dharmakarini, Ketua DWP Sulteng, dan para kelompok tani.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN