Jaga Trantib, Linmas Petasia Barat Dilatih


 

Reporter/Morut: Pariaman Tambunan

GUNA Menjaga ketentraman dan ketertiban (Trantib) di Kecamatan Petasia Barat Kabupaten Morowali Utara, Camat Petasia Barat Herry Pinontoan melatih seluruh anggota Linmas di setiap desa wilayah Petasia Barat di lapangan kantor camat (3/8/2018) pekan lalu. 

Pelatihan dihadiri Babinkantibmas dan Babinsa, untuk memberikan arahan dan petunjuk serta pelatihan baris-berbaris. Cara mengatasi apabila ada serangan tiba-tiba kepada anggota Linmas dan materi lainnya. Kepada Kaili Post, Herry menyampaikan kegiatan itu merupakan program pemerintah kecamatan yang sudah disepakati para kades di wilayahnya.

Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan perlindungan masyarakat yang ada di setiap desa. Tujuan utama pelatihan, kata Herry lagi bahwa Linmas di Petasia Barat belum memiliki kemampuan dan keterampilan. ‘’Sehingga kita bekerja sama dengan Polri dan TNI. Sehingga Linmas dilatih untuk menghadapi permasalahan di masyarakat. Menghadapi agenda politik dalam waktu dekat ini yaitu Pileg dan Pilpres 2019 yang akan dating,’’ tambahnya.

Pelatihan pertama melakukan pembekalan secara teori kepada peserta oleh kepolisian dan TNI, Kadis Kesbangpol serta dari pihak kecamatan. Kedua; diisi dengan peraturan baris-berbaris berdiri praktis serta simulasi untuk pengamanan di setiap TPS. Pelatihnya dua dari anggota TNI dibantu dengan Satpol PP.  Fungsi sebagai Linmas, dapat mengatasi keamanan  di desa-desa mereka bahkan sampai ke tingkat kecamatan. Kegiatan itu tidak hanya penting untuk anggota Linmas saja, namun tetapi akan bersentuhan langsung dengan masyarakat yang ada di setiap desa masing-masing.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN