Jamaah Idul Adha di Untad Membeludak



Reporter: Yohanes Clemens

SHOLAT Idul Adha 1349 H di halaman pelataran rektorat Univesitas Tadulako (22/08/2018) dipadati jamaah. Nampak seluruh keluarga besar Universitas Tadulako (Untad), berbondong-bondong meramaikan solat Idul Adha. Rektor Untad Prof Dr Muhammad Basir Cyo mengatakan kegiatan keagamaan Idul Adha tahun ini juga menjadi ajang silahturahmi antara keluarga besar Untad.

Dirinya bersyukur, jumlah jamaah solat ied di Untad tergolong banyak tahun ini. Jumlah yang ikut solat Idul Adha di luar perkiraan sehingga sampai membludak. ‘’Kalau saya liat dari belakang ke depan, samping kiri - kanan banyak yang hadir. Ini berbeda dengan tahun lalu yang jumlahnya tidak sebanyak ini," jelas Rektor Untad.

Olehnya dengan kehadiran seperti ini, Rektor Basir meminta agar bersama-sama menjaga perbedaan dan terus terjalin di lingkungan Untad. Ia pun meminta agar Idul Adha kali ini keluarga Untad dapat memaknai pengorbanan yang ada. ‘’Kita harus dapat memaknai pengorbanan, yang berbagi pengorbanan dan berbagi itu berbeda. Bila berbagi karna momen berlebih, tapi kalau berkurban yang memberi bisa juga tidak merasakan,’’ imbaunya.

Sehingga, lanjutnya, termaksud perasaan - perasaan ini harus di kelola dengan baik. Jangan hanya hal-hal sedikit dapat di besar - besarkan. Tapi, mari kita kelola pengurbanan untuk menjaga persatuan dan kesatuan di untad, tujuannya agar untad ini tetap satu. Selanjutnya, Prof Basir meminta, agar dalam pemilihan rektor tidak ada diantara kita yang saling bergesekan. Jika dilihat dari empat bakal calon yang ditetapkan mereka saling ces-ces. Inilah suasana yang mahal dimasa lalu.

‘’Kadang antara bakal calon ketemu disudut, yang satu belok kiri yang satu kanan. Semoga tidak ada lagi baik itu no urut 1,2,3, dan 4. Tidak adalagi seperti yang masuk di arena - arena yang bisa memecah belahkan kesatuan dan persatuan. Ini kadang saya hearan, masa para pendukung mau baku gesek-gesek, apa tidak malu, biarkanlah proses berjalan dan siapa dirahmati oleh Allah maka dialah yang dipilih,’’ cetusnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN