KADISKES MORUT DIPERIKSA 10 JAM




DUGAAN KASUS MENERPA SANG DOKTER :
Dugaan Fiktif Pengadaan Susu (makanan tambahan) TA 2017
Tiap Triwulan Rp99,950 juta Pengadaan Susu Diperuntukkan 13 Puskesmas Belanja Service Ranmor Roda 20 Unit
Belanja Service Ranmor Roda Empat 17 unit
Point (4 dan 5) senilai Rp231 juta

Reporter/editor : Pariaman tambunan/Andono wibisono

ADALAH Delnan Launde, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Morowali Utara. Ia menjalani pemeriksaan awal oleh Tim Tipikor Polda Sulteng selama 10 jam di Kolonodale. tim Tipikor dipimpin AKBP Teddy Salawati mengaku hanya investigasi awal.


Tim Tipikor memperoleh laporan warga yaitu terkait dengan proyek dugaan fiktif pengadaan susu (makanan tambahan) tahun anaggaran (TA) 2017. Proyek itu setiap Triwulan menelan anggaran Rp99,950 juta yang disebar ke 13 Puskesmas  wilayah Kabupaten Morut. Tidak hanya itu. delnan juga dilaporkan warga melakukan tindakan mark up biaya pakai habis service kendaraan roda dua 20 unit serta roda empat 17 unit pada tahun anggaran yang sama, yaitu TA 2017 senilai Rp231 juta.


Teddy mengaku pemeriksaan pada Kadis Kesehatan Morut selama 10 jam itu hanya insvestigasi awal. Pemeriksaan itu juga masih tahap penyelidikan adanya dugaan fiktif terkait pengadaan susu untuk Balita dan lansia yang disalurkan ke 13 Puskesmas di Morut.


Pada pemeriksaan itu, Tim menghadirkan PPK dan pihak penyedia jasa (kontraktor) agar pemeriksaan lengkap. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Marson Arikalang mengaku proyek itu jenis penunjukkan langsung (PL).


Hasil investigasi seluruh saksi dan bukti-bukti sudah lengkap diperoleh Tim Tipikor. Pihaknya kembali akan memeriksa pihak distributor susu yang berada di Palu. ‘’Kami sudah mengetahui dimana distributor susu yang di Palu,’’ kata Teddy.


Sementara itu, kepada Kaili Post Delnan mengaku bahwa proyek pembagian susu itu sudah terlaksana ke 13 Puskesmas. Pihak Puskesmas yang berkewajiban menyalurkan susu langsung ke masyarakat miskin Balita dan lansia untuk mengurangi gizi buruk di Morut. Terkait pengadaan servis motor dan mobil yang dengan anggaran Rp231 juta, akunya sudah berjalan sebagaimana mestinya. ‘’Bukti-bukti kuitansi pembayaran lengkap dan tempat servicenya jelas,’’ terangnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN