Krisis Keuangan, Pansus Ikut Menagih

Sahruddin Attamimi (baju putih) saat melakukan peninjauan di perusahaan tambang Kabupaten Morowali. foto/bambangsumantri/kailipost

Reporter/Morowali: Bambang Sumantri

DPRD Kabupaten Morowali membentuk Pansus untuk melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi (Monev) pendapatan asli daerah (PAD) yang menentukan arah dan postur APBD. Hal itu disebabkan kabupaten yang disebut petro dolar kini mengalami krisis keuangan.

Ketua Komisi III DPRD Morowali, Sahruddin Attamimi menjelaskan bahwa Pansus dibentuk agar dapat membantu pemerintah daerah yang saat ini mengalami kebuntuan dalam melakukan penagihan PAD.

Dijelaskannya, ada objek-objek PAD Morowali yang tidak bisa tertagih, disebabkan sistem penagihan Pemkab yang begitu lemah. Padahal regulasinya sudah sangat mendukung untuk melakukan tindakan-tindakan apabila pihak perusahaan lalai dengan kewajibannya.

Ditambahkannya, Pansus akan mengajak pemerintah daerah untuk turun bersama-sama melakukan penagihan di lapangan dan mengambil tindakan menghentikan serta penutupan kegiatan usaha, apabila pihak perusahaan tidak ada niat baik dalam menyelesaikan kewajibannya.

‘’Saat ini kami akan fokus pada beberapa objek PAD seperti retribusi galian C, IMB, pajak penerangan jalan, pajak air bawah tanah dan objek-objek pajak lainnya. Dalam hitungan kami, total tagihannya masih mencapai di angka 60 milyar rupiah lebih," ungkapnya.

Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Morowali ini berharap jika tagihan itu mampu direalisasikan sebelum akhir tahun, maka akan mampu menyelesaikan krisis keuangan yang terjadi di pemerintah daerah, mengingat saat ini ada beberapa kewajiban pemda yang harus diselesaikan segera.

Kewajiban Pemerintah Kabupaten Morowali yang harus segera diselesaikan itu menurut Sahruddin antara lain gaji ke-13 PNS, gaji tenaga guru kontrak, honor kesehatan dan kewajiban lainnya. "Kewajiban Pemkab Morowali banyak yang harus diselesaikan, jadi hak-hak Pemda yang masih jadi tunggakan pihak perusahaan harus ditagih dengan tegas, jangan sampai kita lemah" ujar Sahruddin.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN