Lansia Soulove Terima Bantuan Kasur


Reporter: Ikhsan Madjido

SEBANYAK 20 lanjut usia (lansia) di Desa Soulove Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi mendapat bantuan dari dana desa (DD). Masing-masing lansia tersebut mendapat 1 kasur busa lengkap dengan seprei dan kelambu. Kepala Desa Soulove, Suharman memastikan jika pemerintah desa (pemdes) dan masyarakat mempunyai program khusus membantu para lansia mendapatkan rasa nyaman.

“Program ini termasuk dalam pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan pengobatan lansia. Pembiayaannya bersumber dari dana desa,” ujar Suharman, saat menyerahkan bantuan di Kantor Desa Soulove, Selasa (31/7/2018).

Disadari bahwa tidur adalah bagian terpenting bagi kesehatan lansia baik secara mental maupun fisik. Bagi lansia yang kurang tidur akan berpotensi menderita berbagai masalah kesehatan seperti mengalami penurunan terhadap fokus, sering kebingungan, mudah kehilangan memori (ingatan), mudah merasa cemas dan gelisah.

“Salah satu penyebab gangguan tidur, karena para lansia kebanyakan tidur di tempat yang tidak layak. Dengan bantuan kasur ini diharapkan mereka bisa tidur dengan nyaman dan lebih lelap,” terangnya.

Akan tetapi, dia menambahkan, belum semua lansia di desanya  mendapatkan bantuan. “Yang mendapatkan bantuan yang masih tergolong tidak mampu dan janda tua. Jadi, ada skala prioritas. Ini juga masih tahap pertama, berikutnya pasti akan dapat semua,” katanya.

Selain pemberian bantuan kasur, para lansia juga akan diberikan pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan gratis dan senam lansia yang diadakan setiap hari Jum’at.

“Kesehatan masyarakat itu penting, Pemdes Soulove memprogramkan kegiatan-kegiatan dibidang kesehatan yang didanai dari dana desa. Sebab, yang namanya kesehatan itu langsung bisa dirasakan masyarakat,” kata Suharman, yang sudah 3 tahun menjabat ini.

Pemdes Soulove tidak hanya peduli kesehatan lansia tapi seluruh warga desa. Sehingga pemdes setiap tahun mengalokasikan anggaran puluhan juta rupiah untuk program kesehatan, penambahan sarana dan prasarana polindes, posyandu dan sebagainya.

Pada pemberian bantuan yang juga dihadiri ketua Badan Perwakilan Desa (BPD), Babinkabtimas, para lansia dan warga desa Soulove itu, juga disalurkan bantuan untuk pembina olahraga di desa berupa alat olahraga, bantuan alat kesehatan untuk polindes dan bantuan mobiler untuk perangkat desa.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN