Lemahnya Kemampuan Aparat Pahami UUBG


Reporter: Ikhsan Madjido

DINAS Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah menilai lemahnya kemampuan aparat dalam memahami substansi penyelenggaraan bangunan gedung menjadi salah satu kendala dalam melaksanakan amanah undang-undang bangunan gedung (UUBG).

“Regulasi dibidang bangunan gedung sangat dibutuhkan sebagai paying untuk memberikan kepastian hukum dalam menyikapi dinamika penyelenggaraan bangunan gedung,” ujar Kepala Satuan Kerja Penataan Bangunan dan Lingkungan Dinas Cipta Karya, Aksa H Mardani, di ruang kerjanya, Selasa (21/8/2018).

Olehnya itu dibutuhkan kegiatan sosialisasi atau kampanye kepada para stakeholder terkait secara berkelanjutan untuk dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam memperbaiki kualitas penyelenggara bangunan gedung di daerah. Kegiatan dengan tema “profesionalisme dalam mendukung penyelenggaraan bangunan gedung dan lingkungan” itu direncanakan akan dilaksanakan Selasa-Rabu, 28-29 Agustus 2018. “Kegiatan yang dilakukan berupa penyebarluasan informasi peraturan perundang-undangan bidang bangunan gedung dan penataan bangunan dan lingkungan kepada stakeholder penyelenggaraan bangunan yang ada di Sulteng,” terangnya.

Adapun materi yang akan disampaikan adalah UU No 6 Tahun 2017 tentang Arsitek dan peraturan perundang-undangan yang terbaru di bidang bangunan gedung serta penataan bangunan dan lingkungan.

Peserta diharapkan dari seluruh kab/kota dalam wilayah Sulteng seperti Dinas PUPR, DPMPTSP, Bappeda, Bagian Hukum, dan kalangan akademisi serta perwakilan masyarakat.

Narasumber sosialiasi adalah pejabat dilingkungan dirjen cipta karya, maupun para pakar di bidang bangunan gedung. “Sosialisasi ini guna menumbuhkan kembangkan kesadaran dan pemahaman yang baik untuk mewujudkan penataan bangunan dan lingkungan yang berkualitas dan berkelanjutan,” harap Aksa H Mardani.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN