Morut Gelar Workshop IGI Berbasis Android


 
Reporter/Morut: Pariaman Tambunan

WORKSHOP Nasional berbasis Android digelar di Morut tepatnya di gedung Pesparawi Beteleme Kecamatan Lembo (4/08/2018) lalu. Workshop dihadiri founder Sagusaka IGI Dahli Ahmad dan tim dari Jakarta, Ketua IGI Sulteng Farid Bahwerds, Ketua IGI Morut Udding Smoga, Wakil Ketua IGI Morut Santoso Luamba, dan Ketua panitia Yan Laniengka, serta dewan guru 69 orang yang mengikuti chanel penilaian koreksi ujian berbasis android.

Dahli Ahmad menyampaikan bahwa tujuan utama workshop berbasis android yaitu membantu para dewan guru untuk mengoreksi hasil ujian siswa dengan aplikasi android. Agar lebih cepat dan akurat hanya dengan waktu beberapa menit saja. Aplikasinya dapat di download secara gratis.

Menurut Dahli prinsip scannya, bagi mereka yang mengikuti kegiatan ini yang agak susah, namun mereka semua pada dasarnya sudah bisa memahaminya. ‘’Setelah kegiatan ini usai, kita melakukan pendampingan dengan membuat group WA, jadi para peserta akan kita berikan tugas-tugas yang harus mereka kerjakan. 

Jadi semua peserta yang mengikuti waorkshop dapat mempraktekkan aplikasi android di kelasnya masing-masing, misalnya mereka memberikan data siswa yang sudah diapload serta memberikan hasil scan ujiannya kepada kami,’’ ujar Dahli.

Dari situlah nanti dilihat para peserta sudah mempraktekkan aplikasi android ini. Aplikasi android ini simpel dan sangat mudah tinggal download dan langsung scan. ‘’Jadi IGI ini berskala nasional mempunyai 67 chanel-chanel pelatihan kita sebar keseluruh Indonesia hampir di setiap kota dan kabupaten yang ada di Indonesia,’’ ujarnya.

Biaya pelaksanaan kegiatan ini murni dari organisasi IGI, yang dananya Rp50 ribu bagi yang setiap bergabung dan sudah termasuk dengan mencetak kartu anggota hanya sekali saja.

‘’Apabila biaya kami kurang, mencari sumber-sumber yang lain, seperti sekarang ini juga disponsori oleh Samsung,’’ kata Dahli. Untuk itu Dahli berharap ke Pemkab Morut agar memberikan dukungan untuk mendorong peserta untuk terus belajar, ketika kompetensi guru meningkat di Morut pasti akan meningkatkan mutu pendidikan bagi anak didik.

Dahli berharap juga keseluruh pemerintah yang ada di Indonesis ini selalu mendukung kegiatan workshop berbasis Android demi peningkatan kualitas pendidikan yang semakin modern.

Udding juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan untuk meningkatkan kompetensi para dewan guru secara profesional melalui workshop berbasis android. 

‘’Dewan guru tidak ketinggalan informasi. Jadi pelatihan ini akan berkelanjutan secara sistematis, saya lihat para dewan guru di Morut sangat antusias untuk mengikuti workshop ini. Jadi android yang selama ini digunakan hanya FB,WA, dan lainnya, sekarang dengan adanya kegiatan aplikasi Android dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan,’’ ujar Udding.

Ada sekitar 89 lebih lagi yang berbasis IT yang akan dikembangkan. ‘’Saya lihat respon Pemda Morut sangat antusias melalui dinas pendidikan dan kebudayaan dalam hal kegiatan ini, menambah support dewan guru. Saya menghimbau bagi dewan guru yang pro aktif dalam kegiatan ini apabila ada informasi yang disampaikan dari pusat ke propinsi dan propinsi ke kabupaten, untuk menindak lanjuti. Dewan guru yang ada di Morut ini harus melalui pengurus IGI,’’ harap Udding.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN