Palu Salonde Percussion Catat Sejarah


sumber: Humas Pemprov

PALU Salonde Percussion merupakan salah satu iven pertunjukkan seni budaya yang digagas Pemkot secara resmi dibuka (10/08/18). Kegiatan tersebut menjadi rangkaian ‘Indonesiana’ dari Kemendikbud RI 2018 yang dipusatkan di Hutan Kota Kaombona Palu.

Menteri Dikbud melalui staf ahli Menteri Pendidikan Bidang Inovasi dan Daya Saing, Ananto Kusuma mengapresiasi kepada Pemkot serta unsur pelaku seni di Palu. Palu Salonde Percusion pertama kali digelar di Indonesia, Kata Mendikbud.

Wali Kota Hidayat mengaku kegiatan itu bagian Visi Misi Pemkot yang ingin menjadikan Palu Beradat. Wali Kota juga mengungkapkan Hutan Kota Kaombona Palu tempat kegiatan akan dibangun sarana olahraga dan teater yang nantinya bisa dimaanfaatkan para pelaku seni dan olahragawan untuk mengekpresikan dan mengembangkan diri. 

Sekprov Hidayat yang mewakili Gubernur, sangat merespon positif dan mengapresiasi Pemkot menggelar kegiatan tersebut. Pemerintah Provinsi mengapresiasi rencana Wali Kota akan membangun Hutan Kota Kaombona untuk dijadikan sarana olah raga dan tempat kesenian. ‘’Semoga rencana ini dapat terwujud, Kami selaku Pemerintah Provinsi akan selalu mengawal dan mendukung rencana Pemkot untuk membangun palu,’’ kata Sekprov. 

Usai membuka kegiatan, Wali Kota mengajak tamu dan pengunjung untuk melakukan penggalangan dana bantuan korban gempa Lombok, dan hasil penggalangan dana tersebut diserahkan langsung kepada masyarakat melalui pelaku seni asal Lombok yang mengikuti kegiatan Palu Salonde Percussion, dana tersebut diserahkan Wali Kota Hidayat, Sekprov Hidayat beserta pejabat Kemendikbud. Palu Salonde Percussion menampilkan perkusi kolosal (Sangu Patuju) dan kelompok Orkestra Ocas Spanyol.

Kegiatan ini juga akan diisi dengan perkusi nusantara dari berbagai daerah di Indonesia, salah satunya perkusi asal Bali di panggung perkusi sejak Sabtu – Senin, 11 – 13 Agustus 2018 mulai pukul 16.00 – 23.00 Wita.

Tak hanya penampilan perkusi, Palu Salonde Percussion juga menampilkan pameran nasional benda cagar budaya serta pameran foto Kota Palu dari masa ke masa sejak 10 – 14 Agustus 2018 dan Gebyar Drum Band pada Selasa 14 Agustus 2018. Para Komposer Internasional, Gilang Ramadhan dan Sutrisno Hartana juga akan memeriahkan kegiatan tersebut dengan memberikan Workshop Komposisi Perkusi di Taman Budaya pada Minggu, 12 Agustus 2018 kemarin. Palu Salonde Percussion rencananya akan menjadi iven tahunan Pemkot melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN