PAUD Kodim 1308 LB Dinilai Team Propinsi



Reporter/Luwuk: Imam Muslik

PENDIDIKAN Usia Dini (PAUD) cikal bakal Kodim 1308 Luwuk Banggai, Jl. Sam Ratulangi yang dipimpin Yuli Hakim, Rabu (08/08/2018) telah mendapat kunjungan Team Badan Akredatasi Nasional Propinsi Sulteng.

Tim berjumlah tiga orang, dan dua orang dari Kabupaten Parigi Moutong dan satu orang dari Banggai. Team diketuai oleh Olivia Rishanty menyampaikan bahwa kunjungan ke PAUD cikal bakal Kodim 1308 LB adalah untuk menvisitasi dokumen, akreditasi yang dikirim beberapa bulan lalu oleh PAUD cikal bakal.

Saat ini adalah tahap penilaian yang ketiga dan sebelumnya sudah pernah dilakukan penilaian oleh team lain. ‘’Tujuan kita menvisitasi adalah untuk mencros cek dokumen yang dikirimkan baik lewat Sispina maupun berbentuk borang untuk ke BAN PAUD Sulteng, jadi kita langsung melakukan cros cek ke lapangan ataukah betul-betul dilakukan sesuai  standar.’’ Terangnya.

Dari standar 1  sampai dengan standar 8 sudah memenuhi kriteria sesuai instrumen dan semata-mata untuk mutu pendidik dan mutu lembaga. Sehingga ada pengakuan dari pemerintah.

PAUD KB  cikal bakal adalah resmi dan legal dari pemerintah dan kalau sudah berakreditasi otomatis dengan sendirinya itu lembaga tersebut bisa dikatakan berkualitas dan bermutu.

Semua merupakan satuan pendidikan baik PAUD sampai SMA itu harus melalui lembaganya untuk diakreditasi. Standar penilian terdiri dari 8 di antaranya  pertama standar tingkat pencapaian perkembangan. Kedua; standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan. Kelima; standar sarana dan prasasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidik.

Instrumen  1-8  Jumlahnya 60 Butir pertanyaan yang harus dinilai dan di Jawab. Penilaian Team Akreditasi ini akan memberikan nilai dengan angka tertinggi 4 dan terendah 1, semua penilian ini yang bisa dikagorikan lulus dan mendapat rekomendasi ketingkat yang lebih tinggi harus mendapat nilai minimal dua. 60 butir itu hukumnya wajib atau merger. Dan merger mau tidak mau harus dipenuhi oleh lembaga,

‘’Dan dalam aplikasi kami itu ada, jadi penilainnya dengan sistim on line, jadi pada saat team menemukan temuan tidak sesuai dengan dokumen yang dikirim atau tidak sesuai di lapangan, tidak ada. Harus sinkron. Bisa dijadikan sebagai temuan dan kita harus melakukan dan mengapload hari itu juga,’’ terangnya.

Untuk TK PAUD Cikal Bakal Kodim 1308 LB ini Team belum bisa memberikan skor penilaian dan dirahasiakan. Tetapi menurut angan - angan dari penilaian ini masih ada harapan dan peluang untuk di naikkan tingkatan akreditasinya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN