Penegak Hukum Tak Layani Permintaan ASN Eks Napi Tipikor


Reporter/Morowali: Bambang Sumantri

PEMBERHENTIAN Dengan tidak hormat (PDTH) pada aparatur sipil negara (ASN) Morowali Utara Provinsi Sulteng menimbulkan polemik di Kabupaten Morowali. Pasalnya, sejumlah ASN Morowali, termasuk tiga pejabat eselon II yang kini menjabat pimpinan OPD (kadis dan kaban) adem-adem saja.
Padahal, baik Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional Makassar, BKN Pusat, maupun Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah sama-sama menjabarkan rentetan aturan bahwa ASN eks napi Tipikor bukan saja tak boleh lagi dilantik sebagai pejabat, namun harus diberhentikan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Disiplin pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Morowali, As'ad A Hasan yang dikonfirmasi Selasa (31/7/2018) mengatakan, pihaknya telah berulang kali meminta hasil putusan inkrah dari pihak kejaksaan, pengadilan negeri Poso, maupun Rutan Kolonodale, namun hingga saat ini belum diberikan.

Dikatakannya, pihak penegak hukum tersebut hanya memberikan daftar nama-nama ASN Morowali yang pernah dipidana Tipikor. BKPSDM kesulitan meneruskan laporan tersebut ke komisi pemberantasan korupsi (KPK) karena tidak adanya salinan atau berkas putusan inkrah atas kasus yang menimpa para ASN Morowali itu.

Instansi hukum terkesan cuek, maka BKPSDM Morowali pun belum bisa bertindak. ‘’Kalau kami ini siap bertindak, bahkan kami sudah beberapa kali meminta salinan atau berkas putusan inkrah atas kasus mereka (ASN) namun sampai saat ini tidak juga diberikan," ungkap As'ad di ruang kerjanya.

Sementara, pihak Kejaksaan Negeri Morowali yang dikonfirmasi terkait permasalah tersebut, hingga berita ini diturunkan belum dapat memberikan jawaban. Pejabat Eselon II eks napi Tipikor yang saat ini masih menduduki jabatan saat dilantik terakhir mantan Bupati Anwar Hafid Agustus 2017 lalu adalah, Kepala Dinas Sosial, "JM", Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja, "MAD", dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, "NS".**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN