Petugas Medis Berperan Kurangi Kematian Ibu Melahirkan


 
Sumber: Humas Parmout

WAKIL BUPATI Parigi Moutong, Badrun Nggai mengatakan, peran petugas medis sangat menentukan menekan angka kematian ibu melahirkan. ‘’Kita harus sama sama memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya pertolongan medis. Peran petugas medis yang memadai dibantu peralatan medis yang cukup akan mengurangi resiko kematian ibu melahirkan,” kata Badrun Nggai ketika meninjau Puskesmas di Kecamatan Bolano dan Bolano Lambunu, Selasa (28/8/2018).

Badrun menambahkan, untuk menekan angka kematian ibu melahirkan juga harus dibarengi dengan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak menggunakan jasa dukun dalam proses melahirkan. Ia meminta seluruh tenaga kesehatan, mulai dari Kepala Puskesmas, Dokter, Bidan dan Perawat untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat mempercayakan tenaga kesehatan dalam proses persalinan, sehingga resiko kematian pada saat melahirkan bisa diminimalisir.


‘’Terus berikan pemahaman kepada masyarakat untuk mempercayakan proses persalinan kepada tenaga medis. Ini tugas kita bersama, jangan sampai masyarakat lebih memilih melahirkan di dukun ketimbang dengan tenaga medis,” pintanya.

Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Utara, Parmout, Wabup Badrun mendengar berbagai keluhan yang disampaikan petugas kesehatan di sejumlah Puskesmas. Seperti jumlah tenaga medis yang kurang memadai,  jumlah penyuluh kesehatan yang sangat minim serta berbagai kendala kendala teknis di lapangan.

Di Puskesmas Lambunu II misalnya, Wabup mendapati masih kurangnya tenaga teknis penyuluh kesehatan. ‘’Untuk Kecamatan Bolano Lambunu, hanya ada satu tenaga penyuluh yang melayani masyarakat," ujar salah seorang petugas kesehatan.

Badrun mengatakan akan menindaklanjuti hal tersebut dengan mengupayakan pengadaan tenaga penyuluh kesehatan yang memadai untuk setiap kecamatan. Sementara, untuk angka kematian ibu melahirkan di Puskesmas Kecamatan Bolano Lambunu, tahun 2017 - 2018 masing masing terdapat satu angka kematian ibu melahirkan.

Sedangkan untuk Puskesmas Lambunu I terdapat kasus ibu hamil meninggal. Wakil Bupati mengimbau petugas kesehatan di wilayah itu terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga kasus kematian ibu melahirkan bisa diminimalisir.

‘’Petugas kesehatan harus lebih progresif lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Jangan sampai ada ibu hamil di wilayah ini, tapi tidak terdeteksi oleh petugas medis. Apalagi selama hamil tidak diperiksa oleh petugas medis, akhirnya mereka memilih melahirkan di dukun sehingga beresiko bagi proses persalinannya. Ini yang harus dicegah,” tekannya. **
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN