SKK MIGAS JANJI UTAMAKAN CSR & TENAGA LOKAL


Reporter/Luwuk: Imam Muslik

BERTEMPAT Di Aula Hotel Swiss Bell In (27/8/2018) Bupati Herwin Yatim menerima Kepala SKK Migas Kalimantan Sulawesi, Saifudin yang didampingi Fied Senior Manager JOB Tomori, Nyoman dan Pertamina EP Andri. Turut hadir Wakil Bupati, unsur Forkompinda, pimpinan OPD. Mereka berjanji akan memprioritaskan tenaga un skill dari lokal Banggai dan memprioritaskan CSR.

Pertemuan itu, kata Herwin ajang silaturahmi Kepala SKK Migas atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati beserta seluruh staf Pemda. Menurutnya, dirinya sudah pernah datang dan komunikasi pada saat belum menjabat sebagai pimpinan. Sehingga pertemuan ini merupakan pertemuan guna meningkatkan pembangunan Banggai.

SKK Migas tetap berkomitmen dan menindaklanjuti pertemuan Jakarta terkait alokasi Gas juga terkait peningkatan kerjasama di bidang jasa. Dan untuk menyakinkan lagi serta lebih meningkatkan dan perhatian SKK Migas selalu mengutamakan tenaga kerja lokal. JOB dan Pertamina EP sudah ada programnya bahwa hampir sekitar 67 % dan 50 % sudah dikuasai tenaga lokal dari Banggai sendiri dan kontraktor juga diharapkan bisa mengisi, terutama untuk kontraktor lokal lebih diutamakan walaupun saat ini masih didominasi kontraktor luar yang masih mencapai 90 %.

Bupati berharap dengan silaturahim dengan SKK Migas Kalimantan Sulawesi, berharap ada solusi. Karena selang dua tahun terakhir masyarakat selama ini mempertanyakan CSR sesuai dengan Perda yaitu setiap tahunnya Rp5 miliar. Diakui, bahwa pola penanganan CSR diprioritaskan warga sekitar perusahaan, tapi karena ada Perda, Pemda tetap meminta diperluas ke daerah-daerah atau desa-desa lainnya yang ada di Banggai. Pemahaman-pemahaman seperti ini penting untuk memperbaiki sistem yang ada.

Herwin juga mendukung kewenangan dan kebijakkan SKK Migas terkait tenaga kerja lokal, termasuk peluang untuk mendapatkan usaha. ‘’Semua ini selalu dikoordinasikan termasuk tagihan-tagihan yang masuk di Pemda antara JOB Tomori dan Pertamina EP, berkat adanya silaturahmi ini sehingga semua bisa clear sesuai harapan bersama,’’ tandas bupati.

Menurut Nyoman kebijakan di JOB selalu mendorong dan memprioritaskan tenaga lokal asal Banggai bila ada posisi (jabatan) baru. ‘’Kami tetap upayakan tenaga lokal, termasuk kontraktor lokal untuk siap mengikuti tender karena saat ini masih minim.

Sedangkan Pertamina EP, Andri menyampaikan bahwa ini sudah merupakan typical bahwa hampir 67 orang dari jumlah pegawai pertamina EP 118 Orang semuanya diisi tenaga lokal. Saat ini juga Pertamina EP telah menyekolahkan semua karyawan lokal untuk menduduki posisi ahli operator, ahli mesin, ahli listrik. Pertamina EP sendiri sudah pernah mengirim ke Cirebon dan Dunyu sebagai tenaga operator yang baik dari yang terbaik agar nantinya bisa membawa nama daerah. Sedangkan untuk tenaga non skill diutamakan tenaga lokal.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN