Vuladongga, Budaya Indonesiana Sampai Besok !


Sumber: Humas Pemprov/Parmout

GUBERNUR Longki Djanggola mengajak, gelar Budaya Indonesiana di Parigi dijadikan ajang saling memahami perbedaan sosial budaya. Harapan orang nomor satu di Sulteng itu diungkapkan ketika membuka Gelar Budaya Indonesiana kemarin (12/08/2018) di Parigi. Iven kali ini mengambil tajuk ‘Vuladongga’ artinya bulan purnama.

Gubernur sendiri diwakili Sekdaprov Hidayat Lamakarate. Bagi yang belum sempat menyaksikan kemarin, iven ini akan berlangsung sampai besok (Selasa; 14 Agustus 2018). Gelar Budaya Indonesiana dipusatkan di RTH Kelurahan Masigi Parigi, dan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan secara bergilir di Provinsi Sulteng.

Kabupaten Parigi Moutong merupakan salah satu tuan rumah Gelar Budaya Indonesiana. dari tiga Kabupaten satu kota antara lain Kabupaten Sigi, Poso, dan Kota Palu. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng, Irwan Lahace berterima kasih pada pemerintah Kabupaten Parigi Moutong selaku tuan rumah Indonesiana Sulteng dan seluruh masyarakat Parigi Moutong.Kegiatan Indonesiana merupakan ajang menumbuhkembangkan budaya di Indonesia khususnya di Sulteng.

Bupati Samsurizal Tombolotutu menyambut tamu, khususnya dari Provinsi Lampung dan dari Negara Spanyol serta seluruh tamu dari Provinsi Sulteng. Samsurizal berharap kepada masyarakat Parigi Moutong menjamu tamu tamu istimewa tersebut dengan baik. jadilah tuan rumah yang baik, sehingga Kabupaten Parigi Motong kedepannya masih dapat di percaya untuk menggelar kegiatan lainnya, ucap Bupati. 

Gubernur sangat setuju dan sangat tertarik dengan pendekatan tematik pada pelaksanaan Gebyar Indonesiana yang di ikuti seluruh duta kesenian dari seluruh daerah kabupaten/kota se Sulteng, serta dari provinsi lainnya, berkumpul dan saling bertukar pengalaman.

Dengan demikian menurutnya, gelar budaya ini bukan lagi menjadi ajang kompetisi kebudayaan antar daerah, namun menjadi pendekatan saling memahami perbedaan sosial budaya di antara kabupaten / kota yang ada di Sulteng dan indonesia secara umum. Apalagi Sulteng adalah daerah yang sangat majemuk dengan beragam suku bangsa yang mendiaminya, selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan pendidikan sekaligus hiburan kebudayaan, dan para seniman dan budayawan juga mendapat wawasan kebudayaan yang lebih mendalam. Gelar Budaya Indonesiana ini di menampilkan Orkestra kelas Dunia Vincolus asal Spanyol Utara.**









Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN