Warga Masaingi Minta Kades Dicopot



Reporter/Donggala: Zubair

PULUHAN Warga Desa Masaingi Kecamatan Sindue induk mendatangi ruang kerja Bupati Donggala (6/8/2018) dan mendesak untuk memberhentikan Kepala Desa Masaingi Nawawian Lanawi. Warga memberikan keterangan kepada awak media tujuannya ingin melaporkan kepada Bupati dugaan manipulasi dana desa (DD) yang ditengerai tidak transparan dikelola Kades.

Pimpinan warga, mantan Kasi Pemerintahan Anwar Lasaso menjelaskan apa yang dituntutnya dengan warga dapat dipertanggung jawabkan. Apalagi, kata Anwar warga yang datang adalah bentuk ketidakpercayaan kepada Kepala Desa Masaingi karena sudah banyak membuat pelanggaran dan yang akan melawannya akan dipecat dari kepengurusan pemerintahan desa.

“Ini pemimpin yang arogan dan saya dipecat karena melawan, jumlah aparat desa yang dipecat sebanyak 19 orang, di antara dua sekdes, tokoh adat, Kaur selama yang bersangkutan menjabat tiga tahun sebagai kades,’’ katanya.

Warga melaporkan penyelewengan DD, sifat arogan Kades main pecat tanpa ada kejelasan penyebabnya. Contoh pelanggaran dugaan penyelewengan DD seperti pengadaan sapi sebanyak 40 ekor dengan anggaran Rp200 juta. ‘’Yang nampak hanya 13 ekor saja dan sisanya kemana? Jadi berdasarkan item total ADD 2017 ada sekitar Rp360 juta  tidak jelas pertanggungjawabannya. ‘’Setiap ditanya atau melawan hanya sanksi pemecatan yang kami terima,’’ sesalnya.

Kepala Desa Masaingi Nawawian Lanawi yang dikonfirmasi lewat telpon bernomor 081242122XXX membantah semua tudingan yang dialamatkan kepadanya. ‘’Kalau bisa komiu datang ke Desa Masaingi lihat langsung kondisi desa, tuduhan mereka yang melapor ke Bupati itu tidak benar dan mereka itu sakit hati saja dengan saya. Kemari saja komiu saya jelaskan termasuk persoalan pemecatan,’’ sebutnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN