Warga Sarumbaya Belum ‘Merdeka’ dari Listrik

Foto : WARGA Desa Sarumbaya Kecamatan Banawa Selatan dengan wajah sumbringah dan penuh harap pemerintah merealisasikan permintaan mereka.foto/ist

Reporter/Donggala: Zubair Yakub

INDONESIA Sudah merdeka 73 tahun. Tapi di negeri ini masih banyak rakyatnya belum merdeka dari ketertinggalan. Adalah Desa Sarumbaya, terletak di Selatan Kabupaten Donggala, atau tepatnya di ujung Selatan Kecamatan Banawa Selatan. Desa ini hingga kini belum menikmati penerangan listrik.

Kondisi itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Donggala, Asgaf Umar kepada Kaili Post. Asgaf kebetulan secara tidak sengaja beraudiens ke desa tersebut belum lama ini. Salah satunya keprihatinan mereka kepada nasib dan masa depan anak anak dalam mengenyam pendidikan dasar.

Anak anak Desa Sarumbaya yang lugu penuh dengan kesederhanaan merasa tersiksa di malam hari. Karena jika malam tiba mereka diperhadapkan dua sisi yang sama sama sangat dibutuhkan. Pertama; harus menyediakan bahan bakar minyak tanah untuk bisa menyalakan lampu pelita yang terbuat dari kaleng atau botol minuman ringan bekas.

Karena untuk memuaskan hasrat anak mereka yang akan belajar pada malam hari, itu karena desa mereka belum menikmati listrik.Tak ayal hingga detik inu mereka belum menikmatinya seperti apa yang dirasakan anak anak sekolahan lainnya di kampung sebelah. ‘’Lampu pelita pun jadi sandaran menerangi kegelapan separuh malam yang puluhan tahun mereka rasakan,’’ kata Asgaf (16/8/2018).

‘’Saya pun haru bercampur sedih, dalam benak saya terpatri reaksi akal sehat yang sudah bercampur aduk, bukan main negeri ini, apalagi pemerintah di daerah yang tidak mendeteksi sejauh ini mengenai nasib rakyatnya yang belum menikmati buah dari kemerdekaan bangsa ini yang sudah masuk tahun ke73," tuturnya.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN