10 TEWAS, 10 MASIH DICARI, Gubernur Minta Penyelidikan


 

Sumber/reportase: Humas pemprov/andono wibisono

MINGGU, (16/09/2018) Gubernur Longki Djanggola meminta dilakukan penyelidikan mendalam terbakarnya Kapal Motor (KM) Fungka Permata V, di perairan Banggai Laut. Gubernur juga menyampaikan bela sungkawa mendalam pada 10 keluarga korban. Pernyataan Gubernur itu disampaikan melalui Kepala Biro Humas Protokol Setdaprov Moh Haris Kariming.

‘’Atas nama pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta pribadi Gubernur turut berduka cita dan menyampaikan belasungkawa atas korban yang meninggal dunia dalam tragedi tersebut. Semoga keluarga korban yang ditinggal diberi ketabahan menerima musibah ini,’’ ungkap Haris. Gubernur juga, kata Moh Haris telah memerintahkan Bupati Banggai Laut untuk segera berkoordinasi dengan aparat terkait dalam rangka evakuasi terhadap korban Kapal Permata V.

‘’Untuk kepastian penyebab teradinya tragedi itu, Gubernur meminta aparat teknis yang berwenang segera melakukan penyelidikan dan mengidentifikasi penyebab kebakaran,’’ terangnya yang dishare ke grup media elektronik WA forum Pemred. Yang tak kalah penting menurut Haris Kariming, Gubernur mengimbau kepada aparat syahbandar untuk selalu menjaga dan memperhatikan kelayakan kapal dalam melaut pada setiap pemberangkatan di wiayah perairan Banggai Laut. Demikian dengan penumpang kapal harus sesuai dengan kapastias kapal.

‘’Jangan sampai ada penumpang gelap yang menyebabkan over kapasitas yang dapat membahayakan pelayaran,’’ tutup Karo Humas menyampaikan imbauan Gubernur.

Sebelumnya dikabarkan, sebuah kapal bernama Fungka Permata V yang sedang berlayar dari Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara menuju Banggai Laut terbakar di perairan Banggau Laut, Jumat (14/9/2018), sekitar pukul 17.00 Wita. Dilaporkan kapal tersebut membawa 72 penumpang dan 12 ABK. Demikian versi pihak juru bicara pemprov Sulteng.

Namun sesuai dengan pemberitaan sebelumnya, Basrano, Kakansar Palu Sulteng, menyebut ada 128 korban terbakarnya KM Fungka Permata V telah dievakuasi dari Pulau Sagu ke Kepulauan Banggai. Korban terdiri atas: 118 selamat, 10 tewas dan 10 masih dalam proses pencarian. Kondisi cuaca dilaporkan mendukung proses pencarian korban dan sampai Sabtu pagi (15/09/2018), proses evakuasi masih tetap berlangsung. **


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN