AICIS Diskusikan Isu & Masalah Kontroversial



Reportase: Ikhsan Madjido

KONFERENSI Internasional AICIS (Annual International Conference on Islamic Studies) diharapkan untuk berani dengan isu dan masalah kontroversial dalam setiap mendiskusikan ilmu Islam sebagai sebuah kajian ilmiah. “Ini salah satu catatan menteri agama kepada panitia AICIS,” ujar Rektor IAIN Palu, Sagaf S Pettalongi usai audiens dengan menag di Jakarta, pekan lalu.

Menurut menag, kata Sagaf, karena kalau ilmu itu selalu berada di zona nyaman dan tenang maka tidak akan ada dinamika.  “Ilmu itu harus dibenturkan agar dia hidup. Seperti biasanya dalam ilmu itu harus ada tesa, antitesa dan sintesa,” katanya. Kemudian, gelaran AICIS kedepannya diharapkan dapat mempublikasikan pandangan pemahaman keagamaan Islam di Asia Tenggara dengan beragam perspektif.

“Menag berpesan agar pemateri tidak hanya datang dari kalangan akademisi saja. Akan tetapi bisa berasal dari budayawan, seniman atau bahkan pebisnis,” bebernya. Misalnya bagaimana potret Islam di Asia Tenggara  dari seorang  Sujiwo Tejo, atau pendiri ojek online, atau remaja yang mewakili generasi millenial.

Catatan lain dari menteri adalah AICIS juga harus mampu mendorong lahirnya paradigma atau epitemologi alternatif dalam kajian Islam. "Dalam kajian Islam jangan hanya dikenal berfikir ilmiah, deduktif dan induktif saja, akan tetapi ada pilihan lain. Karena pengamalan dan pengalaman dalm Islam tidak linear. Islam bisa difahami multi-perspektif dan multi-disiplin," katanya.

"Dengan tema yang diusung saat ini, AICIS harus menemukan ciri khas dan karakteristik keberagamaan Islam Asia Tenggara, sebagai bagian peradaban dunia yg sudah mulai mengglobal," kata Sagaf. AICIS yang bertemakan “Islam in a Globalizing World (Text, Knowledge and Practice) direncanakan akan di buka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Mercure Hotel Palu pada Selasa 18 September 2018. Menag Lukman direncanakan akan datang di Palu pada 17 September pukul 15.30 Wita.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN