ASN Dilarang Kampanye di Medsos




Reporter: Ikhsan madjido

JELANG Pileg dan Pilpres 2019 mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) dihimbau untuk tidak melakukan praktik politik praktis, baik melakukan kampanye secara langsung maupu kampanye melalui media sosial (medsos).

“ASN dilarang berkampanye di medsos dalam bentuk mengajak, mempublikasikan, menyebarkan, dan lainnya sehingga ada unsur meyakinkan terhadap visi, misi, program atau citra diri peserta pemilu kepada pemilih,” terang Komisioner KPU Sulteng, Syamsul Gafur saat kegiatan sosialisasi dan fasilitasi kampanye Pemilu DPR, DPD dan DPRD serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, di Aula KPU Provinsi Sulteng, pekan lalu.

“Kampanye di medsos hanya untuk peserta pemilu. Sedangkan yang lain tidak dibolehkan, misalnya ASN,” tambahnya.

Dijelaskan, metode kampanye peserta Pemilu diatur oleh PKPU, salah satunya kampanye melalui medsos. Metode kampanye di medsos dapat dilakukan oleh peserta pemilu, dengan terlebih dahulu mendaftarkan akun medsosnya, sebanyak 10 akun pada semua aplikasi medsos, satu hari sebelum masa kampanye dimulai.

Sementara itu, komisioner KPU lainnya, Sahran Raden menyampaikan tentang isi materi PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye. “Kampanye mesti didesain sebagai sarana pendidikan politik dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2019,” jelas Sahran.

Menurutnya, baik KPU, KPU provinsi maupun kabupaten/kota akan memfasilitasi Alat Peraga Kampanye (APK) sebagaimana amanat Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 dan PKPU Nomor 20 Tahun 2018. APK yang dimaksud berupa baliho sebanyak enam buah untuk tim kampanye Capres/Cawapres di tingkat provinsi, 11 buah untuk partai politik di tingkat provinsi dan lima buah untuk calon DPD.

Sementara di tingkat kabupaten/kota, yakni baliho sebanyak 10 buah dan spanduk 16 buah untuk masing-masing peserta Pemilu. “Untuk baliho ukurannya 4 kali 7 meter, sedangkan spanduk 1,5 kali 7 meter,” terang Sahran. Kegiatan sosialisasi dan fasilitasi kampanye ini dihadiri perwakilan 16 partai politik dan 21 Bakal Calon Anggota DPD Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Tengah.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN