Banggai Indeksnya Paling Rawan



Reporter/luwuk: Imam muslik   

WUJUD Janji Pemilu dengan damai, peserta pemilu 2019, Kabupaten Banggai menggelar aksi damai bertempat di RTH Teluk Lalong, Minggu (23/09/2018). Bupati Banggai diwakili Wakil Bupati Mustar Labalo, Ketua DPRD, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kapolres, Dandim 1308 LB diwakili Koramil Luwuk, ketua partai dan masing-masing tim sukses  calon presiden dan wakil presiden.

Aksi damai dirangkaikan penandatanganan kesepakatan bersama masing – masing ketua partai, disaksikan Kapolres, Dandim, Ketua KPU, Bawaslu. Aksi damai juga diramaikan gerak jalan keliling Luwuk. Ketua KPU Kabupaten Banggai, Zaidul Mokoagow yakin walau berbeda pilihan politik, tetapi semua peserta aksi damai, tapi dapat merajut sebuah kebersamaan.

‘’Semoga kebersamaan ini dapat terpelihara sampai dengan berakhirnya pemilu di Kabupaten Banggai. Hari ini adalah hari pertama kita melaksanakan kampanye sesuai dengan regulasi kampanye adalah kegiatan pemilu untuk menawarkan visi dan misi program atau citra diri partai politik. kurang lebih tujuh bulan ke depan kita melaksanakan kampanye dan akan berakhir pada tanggal 14 April 2019.’’ Terangnya.

Sesuai dengan rilis Bawaslu, Banggai memiliki indeks kerawanan Pemilu cukup tinggi. Artinya dalam setiap pelaksanaan pemilu di Kabupaten Banggai selalu terjadi kerawanan. Dan kerawanan ini terjadi dalam tiga hal. Pertama; adanya penyelenggara pemilu yang tidak berintegritas, kedua politik uang dan yang terakhir adalah isu primodialisme.

Ketua KPU mengajak kepada semua peserta pemilu untuk menghilangkan stigma tersebut. ‘’Kita tunjukkan di Kabupaten Banggai bahwa pemilu yang berkualitas, dan terpilihnya pemimpin-pemimpin yang mengedepankan kepentingan masyarakat Kabupaten Banggai, tentu dalam setiap pemilu adanya yang terpilih dan ada juga yang tidak terpilih.’’ Tegasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN