BASMIN: DUKUNG KAMPANYE DAMAI



Reporter: Firmansyah

MENYIKAPI Deklarasi kampanye damai beberapa hari lalu, antara KPU, parpol dan Pemkot, Senin (24/9/2018) di ruanganya, Wakil Ketua I DPRD Palu, Basmin Karim mengaku mengapresiasi hajatan itu.

Menurutnya, deklarasi tersebut merupakan suatu pernyataan sikap dari parpol, dalam mengantisipasi terjadinya konflik di tengah masyarakat, khususnya berkaitan dengan kepemiluan April 2019 mendatang. Hal itu juga merupakan upaya untuk memberikan pemahaman kepada peserta pemilu agar berpolitik dengan santun menurut etika budaya ketimuran.

Karena dalam ekistensinya, ajang pesta demokrasi adalah ivent yang sangat sensitif terkait isu-isu yang diketengahkan parpol peserta pemilu. Hal itu juga dapat memecah belah kesatuan dan persatuan NKRI. ‘’Silahkan menguraikan programnya di masa kampanye, namun jangan sampai menyulut percikan konflik di tengah masyarakat, " ungkap Basmin.

Politisi Gerindra itu juga memahami bahwa setiap Parpol akan berlomba-lomba untuk menang di Pemilu. Begitu pula dengan calon legislatif yang mereka usung. ‘’Namun secara global, biarkan masyarakat menentukan pilihan. Karena rakyat lebih cerdas mimilih maupun memilah Caleg yang lebih berkompoten dalam menyaring aspirasi dan kenginan mereka.’’ Terangnya.

Selain itu, kalah atau menang sudah merupakan hal yang biasa dalam sebuah kompetisi. Semuanya itu dikembalikan lagi kepada pribadi masing-masing. Apakah seseorang bisa menerimanya dengan lapang dada, atau malah terpuruk dalam kesedihanya.

‘’Olehnya saya berharap agar dimasa kampanye ini, dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Dalam menarik simpati masyarakat. Pergunakanlah cara yang bijak, tanpa melukai pihak lain. Pergunakanlah pola politik bersih, tanpa harus mencederai peraturan perundang-undangan yang berlaku,’’ kata Basmin.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN