Belum Untung, PDAM Banggai Dipantau Wabup


 

Reporter/luwuk: Imam muslik

PERUSAHAAN Daerah Air Minum  (PDAM) Kabupaten Banggai terus memperoleh perhatian serius pimpinan daerah. Termasuk, Wakil Bupati Mustar Labolo yang datang didampingi Sekab dan Asisten 1 Setdakab.  Kepada Kaili Post, (26/09/2018) Direktur PDAM, Arwin mengaku pihaknya belum memberikan kontribusi pada PAD. Sesuai aturannya, bila memperoleh profit, diberikan kepada Pemkab 30%.

Sesuai dengan hasil audit, PDAM Banggai sendiri masih minus (belum untung). Sehingga belum berkontribusi kepada Pemda. Belum profitnya perusahaan daerah itu karena antara biaya produksi dengan omset tidak berimbang. Akibatnya, cash flow managemen belum seimbang. ‘’Sehingga mengakibatkan PDAM mengalami Minus.’’ Akunya.

Pelanggan PDAM Banggai sendiri yang membayar tepat waktu bulan berjalan hanya sekitar 60%.  Sisanya, menunggak sampai tiga bulan. Aturannya, bagi pelanggan yang menunggak tiga bulan dikenai sanksi. Sementara, untuk unit-unit sendiri 80 s/d 85%.

Di Luwuk sendiri sekitar 60 % s/d 65 % bulan berjalan dan tetap diterima 100%. ‘’Karena yang menunggak mereka tetap bayar, sehingga tertutup dengan pendapatan bulan yang lalu. Laporan Keuangan hasil audit itu sudah diterima lebih dulu Pemda, dan memang diakui bahwa untuk tahun tahun sebelumnya adanya loncatan-loncatan tapi belum signifikan,’’ terang Arwin.

Untuk laporan audit PDAM Pemda terlebih dahulu menerima. Sehingga hal itulah menjadi bahan koreksi jajaran PDAM dari Wabup Mustar Labalo kepada seluruh pegawai. ‘’Kami diminta bekerja lebih semangat dan jangan loyo. Harapan kami agar tarif bisa disesuaikan, di samping kami juga memperbaiki sistim pelayanan sehingga harus seiring antara pelayanan dan sistimnya. Karena untuk memperbaikinya sendiri tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit,’’ terang Arwin.

Ia sangat bersyukur  Wabup bersama jajarannya telah mengunjungi PDAM. Sehingga ada perhatian dari Pemkab. ‘’Ini sangat luar biasa, dan baru pertama kalinya dikunjungi tim yang diketuai Wabup sendiri, karena sejak 8 kali berganti direktur belum pernah mendapat kunjungan seperti ini, dan sehingga kami bersama dengan tim karyawan PDAM bisa menjadi bahan motivasi dan evaluasi hingga menuju perbaikan ke depannya.’’ Janjinya.

Wabup juga memberikan masukan dan motivasi agar PDAM yang merupakan perusahaan BUMD milik pemerintah yang penangananya langsung di bawah kendali Bupati dan Wakil Bupati Banggai, sewajarnya mendapatkan perhatian penuh dan monitor langsung hingga sampai ke tingkat direktur.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN