Bupati Sosialisasi Pangan




Reporter/luwuk: Imam muslik


DI Luwuk, (6/9/2018) pekan lalu,  telah dilangsungkan sosialisasi UU No. 18 Tahun 2012 tentang pangan. Acara itu dihadiri Bupati Herwin Yatim, Wakil Bupati Mustar Labolo, Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Ir. Sudirman MM, Forkopimda, OPD, dan peserta sosialisasi dan ASN Dinas Ketahanan Pangan Banggai.


Pelaksana tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banggai Ir Ferlin Mongesa menyebutkan UU tentang pangan merupakan perubahan dari UU No. 7 Tahun 1996. Kehadiran UU ini merupakan suatu dimensi baru terhadap peraturan mengenai pangan yang mengintroduksi azas- azas yang baru, yaitu mewujudkan kedaulatan kemandirian dan ketahanan pangan baik dari tingkat nasional sampai ke tingkat daerah.


UU pangan menegaskan bahwa pemenuhan kebutuhan dasar itu merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin di dalam UUD 1945,  sebagai komponen dasar untuk mewujudkan manusia yang berkualitas. UU Pangan mengamanatkan bahwa pemenuhan pangan sebagai kebutuhan dasar manusia diselenggarakan berdasarkan kedaulatan kemandirian dan ketahanan pangan. Karena itu UU pangan bukan hanya berbicara tentang kebutuhan pangan dari seluruh rakyat Indonesia.


Hal ini sejalan dengan dan juga relevan dengan apa yang menjadi misi dan visi Pemkab Banggai periode 2016 - 2021, tentunya sesuai misi yang kelima yaitu mewujudkan pengembangan nilai- nilai agama, kearifan lokal dan budaya.


Pemenuhan pangan yang cukup secara kuantitas dan kualitas menjadi salah satu aspek yang mendasar pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, kata Herwin. Hal ini harus terus menerus dipersiapkan dengan baik dalam rangka menghadapi persaingan global yang semaking ketat. 

Selain itu kelembagaan pangan, penimbunan pangan dan cadangan pangan adalah kewajiban pemerintah untuk mengelola stabilisasi pasokan sehingga harga cadangan dan distribusi pokok ini sudah dapat diatur. Dan juga masalah  keamanan pangan misalnya pelabelan, kemasan dan iklan juga sudah ditetapkan.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN