Data Orang Miskin di Palu Tidak Jelas


Ilustrasi
Reporter: Firmansyah

MEMASUKI Usianya yang ke 40 tahun, kota Palu saat ini sedang berbenah diri dalam mewujudkan salah satu programnya. Yaitu menjadikan Palu sebagai kota destinasi wisata. Namun dalam sektor lainya, menurut salah seorang legislator Dekot, masih terdapat beberapa kelemahan.

Ialah Moh Rizal, salah seorang anggota komisi A, kepada media ini, Selasa (25/9/2018) menekankan agar validasi dan verivikasi data masyarakat muskin yang ada di kota Palu, perlu dibenahi, sehingga program pemerintah dapat berjalan tepat sasaran.

Menurut Rizal, faktor yang menyebabkan sehingga tidak sempurnanya validasi data, disebabkan tidak maksimal petugas  dalam melakukan pendataan. Seharusnya pemerintah melakukan pengkajian terlebih dahulu, setelah itu program dijalankan. Dari hasil temuan di lapangan ungkap Rizal, ada dua poin yang masih perlu dibenahi. Karena masih terdapat titik kelemahan, Misalnya untuk bidang kesehatan. Masih banyak warga Palu yang belum terdata sebagai peserta manfaat BPJS miskin. 

" Ada masyarakat memiliki kartu BPJS, namun kartunya tidak aktif. Saat kita konfirmasi ke BPJS, menurut mereka itu adalah kewenangan Kementerian Sosial. Dari Dinsos juga menyatakan karena faktor pendataan dar kelurahan, " tandasnya.

Untuk sektor pendidikan, Rizal menambahkan bahwa masih perlu dievaluasi lagi, utamanya terkait efisiensi penambahan jam belajar agama di sekolah. Menurut hematnya, penambahan kurikulum pelajaran khususnya Al Quran, sebaiknya dialihkan ke Taman Pengajian (TPA) atau mesjid yang ada di setiap kelurahan di kota Palu.

Hal itu bertujuan agar sekolah, tidak terbebani dengan adanya jam tambahan tersebut. Selain itu juga perlu adanya pemerataan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Termasuk pengadaan fasilitas komputer di sekolah SMP di kota Palu. Olehnya, melalui momen Ultah kota Palu yang ke empat puluh, dia memberikan masukan agar pemkot bisa membenahi terkait validasi dan verifikasi data masyarakat miskin, sehingga penganggaranya dapat mencapai sasaran yang tepat, akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan baik dari sektor ekinomi, pendidikan, kesehatan warga.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN