DESA PA'AWARU, Budayakan Seni Kuda Lumping




Reporter/morut: Pariaman tambunan

GUNA Membangun tali silaturahim antara sesama warganya, Yudo Mintarso Kades Pa'awaru Kecamatan Lembo Raya Kabupaten Morut baru-baru ini mengadakan kegiatan tarian paguyuban seni kuda lumping di lapangan bola Desa Pa'awaru. Pada Kaili Post, Yudo menyampaikan kegiatan tersebut merupakan hiburan antara 10 RT dan 10 Dasa Wisma.  Kegiatannya antara lain bola kaki, bola volly dan sepak takraw yang merupakan salah satu kegiataan PKK dan Karang Taruna desanya.

Untuk itu, Yudo berharap kepada warganya ke depannya agar lebih mengembangkan lagi kegiatan tersebut di kalangan anak-anak remaja. Karena seni kuda lumping ini merupakan salah satu seni budaya Jawa yang harus dijaga dan dikembangkan. ‘’Untuk itu marilah kita jaga kebersamaan antara umat beragama, sehingga bisa terjalin kekompakan dan kebersamaan serta bersama-sama membangun Desa Pa'awaru.’’ Ujarnya.

Sementara Tukir Prayitno salah satu warganya menyampaikan berharap kepada pemerintah desa agar dapat melestarikan tarian tradisional. Sebab tarian ini merupakan salah satu warisan leluhur suku Jawa. Untuk itu perlu dukungan dari semua pihak untuk mempasilitasi alat musik seperti gamelan agar dianggarkan dari pemerintah desa. Kegiatan tersebut di hadiri oleh Babinsa lapisan masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN