Di Palu; Ditemukan 8.506 DPT Ganda



Reporter: Firmansyah

TEMUAN Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Sulteng, tercatat sebanyak 8.506 Daftar Pemilih Ganda (DPT) kota Palu. Demikian komisioner KPU Palu, Iskandar Lembah, Rabu (12/9/2018) di ruanganya memberikan keterangan pada Kaili Post.

Menurut Iskandar, DPT Ganda sebanyak itu disebabkan adanya pencatatan data yang tidak sinkron. Misalnya, di satu kelurahan orang tersebut sudah tercatat. Namun disebakan karena lain hal, dia pindah domisili ke kelurahan lainya. Olehnya datanya terjadi penggandaan.

Selain itu, ada beberapa kasus terkait dengan adanya kesamaan data, seperti nama serta NIK sama, namun orangnya berbeda. Menurut Iskandar, hal itu disebabkan ketika orang tersebut saat melakukan perekaman KTP, belum diaktifkan, sehingga NIK tersebut digunakan orang lain. Karena setiap pembuatan KTP ada mekanisme pengaktifan. Olehnya jika sudah diaktifkan, otomatis NIK telah berubah.

Dalam hal ini, Iskandar menjelaskan proses terhadap penetapan daftar pemilih tetap (DPT) masih akan direkap lagi. Karena saat ini masih berstatus DPT hasil perbaikan. Untuk pencatatan(rekap) di tingkat pusat, akan dilaksanakan tanggal 16 September 2018 akan datang.

Namun hal tersebut ungkap Iskandar akan terus dilakukan pembersihan semua data pemilih ganda. Jika masih ditemukan adanya temuan, KPU akan terus melakukan rekap dan pleno lagi. Sehingga tidak terjadi lagi polemik, "Kami akan menuntaskan semua daftar ganda tersebut, sehingga zero DPT ganda, " akunya.

Untuk DPT Kota Palu saat ini, ungkap Iskandar sebanyak 222.132 ribu jiwa. ***


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN