Disnaker Banggai Latih Ketrampilan Berbasis Kompetensi


.
Reporter/luwuk: Imam muslik

BERTEMPAT Di unit pelaksana teknis daerah (UPTD) loka latihan kerja (UPTD LLK)  Desa Koyoan, Luwuk Kabupaten Banggai  (24/09/2018) lalu dilaksanakan Pelatihan tiga kejuruan yaitu las, otomotif, audio video. Pelatihan dibuka Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Manang Suprayogi. Turut hadir Kepala Bidang Dinaskertrans, Kepala UPTD LLK Koyoan, peserta pelatihan se Banggai.

Menurut Manang tujuan pelatihan seperti Tupoksi instansinya yaitu memberikan ketrampilan kepada angkatan kerja dan sesudahnya memperoleh sertifikat. Diharapkan outputnya peserta memiliki bekal ketrampilan menghadapi persaingan di pasar tenaga kerja.

Ditambahkannya lagi, diharapkan peserta dapat mandiri untuk wirausaha baru. Setelah pelatihan peserta diuji kompentensinya oleh BLK Makassar dan aksesornya akan langsung menguji tingkat kemampuan peserta. Bila dinyatakan lulus mendapat sertifikat yang kompetensi. Artinya sertifkat yang levelnya jauh lebih tinggi di banding mereka yang lulus tanpa ujian kompentensi.

Proses pelaksaan ujian kompentensi dilaksanakan menjelang tiga hari selesai pelatihan dan diperlukan waktu satu hari untuk proses ujian. Dan untuk kombinasi pembelajaran 30% teori dan 70 % praktik dan lebih difokuskan pada prakteknya ketimbang teori. Kegiatan itu disupport APBD dan APBN.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN