Donggala Alami Diskoreksi APBD


 
Abdul Muis Yahya
Reporter/donggala: Zubair yakub

ABDUL Muis Yahya, mantan anggota DPRD Donggala dua periode mengatakan bahwa Donggala mengalami diskoreksi terhadap APBD dalam dua tahun terakhir. Hal itu, menurut catatan Muis, tampak pada perencanaan anggaran yang tidak sesuai dengan amanat undang- undang.

Contohnya lanjut Muis Yahya, pada perencanaan program kegiatan fisik yang diduga kuat dialihkan dan tidak masuk dalam rencana kebijakan umum anggaran.

‘’Berkaitan dengan program kegiatan yang tidak masuk dalam RKA, itu sangat bertentangan dengan roh kebijakan anggaran, ada beberapa item program kegiatan di Donggala sekarang ini terjadi," tandasnya.

Ia mencontohkan, proyek pembangunan pagar kantor bupati, salah satu dari sekian proyek yang tidak masuk dalam perencanaan anggaran. Menyinggung asumsi kerangka anggaran pendapatan dan belanja daerah sejak tahun 2017 dan tahun anggaran 2018, Pemkab dipusingkan dengan alokasi dana khusus atau DAK, sebesar Rp75 miliar yang kemudian tidak dicairkan oleh pemerintah pusat membuat OPD kelabakan karena tidak bisa membayar pihak ketiga.

Akibatnya kata dia, asumsi anggaran terjadi perubahan dan berdampak negatif terhadap alur kas daerah, dengan membengkaknya defisit setiap tahun, dan mengurangi silpa. ‘’Ini akibat diskoreksi dari tim anggaran dan dewan Donggala saat pembahasan anggaran berlangsung," tuturnya.

Dia menyebut anggaran perubahan tahun ini akan mengalami nasib sama, dengan asumsi kebih besarnya defisit ketimbang sisa lebih perhitungan anggaran. Belum terbayarnya proyek tahun 2017 lalu sebagai bukti bahwa ada yang tidak konek dengan sistem perencanaan pembangunan.

Berkaitan hal itu ini akan menjadi beban pembiayaan daerah untuk tahun 2018, dan dapat dipastikan untuk tahun ini pembahasan anggaran akan mengalami pemangkasan untuk menutupi anggaran tersebut.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN