GALIAN C, rubrikasi IUP kedaluwarsa, Karyawan Dirumahkan




Reporter: Zubair yakub

PULUHAN Ijin usaha pertambangan (IUP) galian C di sekitaran pegunungan Kabupaten Donggala dipastikan berakhir tahun ini. Ada beberapa perusahaan tambang resmi mengajukan perpanjangan ke Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Tengah. Akibatnya, hal itu berdampak pada sejumlah perusahaan mengambil langkah merumahkan karyawan. Hal itu seperti terjadi di perusahaan tambang bebatuan PT Bosowa, di Desa Loli Saluran, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala.

Sejak dua bulan terakhir perusahaan tersebut telah merumahkan sejumkah karyawan lokal. Alasan masih menunggu perpanjangan IUP dari Pemprov Sulteng. Hal sama juga dirasakan karyawan PT Banawa Desa Loli Dondo, yang merumahkan sementara waktu karyawanya.

Menurut keterangan sejumlah pihak termasuk salah seorang karyawan mereka sudah dua bulan ini tidak masuk kerja karena managemen meminta mengistirahatkan karyawan alias dirumahkan. Menurut salah satu karyawan PT Banawa, Rusman, dia dan karyawan lainnya tidak tahu menahu sampai kapan mereka dirumahkan. Bahkan, dipanggil kembali untuk bekerja. Pasalnya, hingga kemarin, ia tidak mendapat kejelasan managemen.

Berbeda dengan karyawan PT Bosowa. Merasa tak ada kejelasan mereka menuntut pihak perusahaan agar segera membayar pesangon mereka karena sudah cukup lama dirumahkan. Upaya mediasi dilakukan oleh sejumlah eks karyawan ke dinas Nakertrans Kabupaten Donggala, Kamis pekan lalu. Hasilnya, hingga kini belum diketahui Kaili Post. **


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN