Gubernur Dorong Peningkatan IPM Kesehatan dan UHC



Sumber: Humas Pemprov
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola memimpin Rapat Koordinasi percepatan peningkatan Indeks Pembangunan Kesehatan Manusia dan Percepatan Cakupan Semesta JKN Propinsi Sulawesi Tengah di Gedung Polibu kantor Gubernur, Selasa (4/9/2018).

Pada Kesempatan Itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola menyampaikan bahwa IPM sulawesi tengah dipengaruhi indikator bidang Kesehatan Masyarakat. Pada Kesempatan itu Gubernur menyampaikan setiap rapat koordinasi bidang kesehatan saya selalu disampaikan menteri Kesehatan supaya dapat meningkatkan IPM Sulawesi Tengah terutama pada bidang Kesehatan untuk itulah saya perintahkan kepala Dinas Kesehatan supaya dibuat rakor khusus bidang kesehatan bersama Bupati dan Walikota Palu dan OPD terkait.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama, pada waktu kita mencalonkan sebagai kepala Daerah kita berjanji untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan berobat gratis untuk masyarakat untuk itu saya mengharapkan kata Gubernur agar apa yang menjadi komitmen kita dapat betul-betul dilaksanakan.

Selanjutnya Gubernur menyampaikan ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada bidang Kesehatan  antara lain Pengurangan Angka Stunting atau manusia kerdil akibat kekurangan Gizi,  Angka Kematian Bayi dan kematian Ibu Melahirkan dan tingkat Kesehatan masyarakat.

Kedua Agar seluruh masyarakat Sulawesi Tengah Tahun 2019 mendapatkan Jaminan Kesehatan yang merupakan cakupan JKN dan KIS menuju UHC ( Universal Health Coverage/ Cakupan Semesta) sehingga Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah dapat sharing anggaran dengan Kabupaten dan Kota Se-Propinsi Sulawesi Tengah.  Dengan sharing 20% ditanggung Propinsi dan 80% ditanggung masing-masing Kabupaten dan Kota sesuai dengan kebutuhan masing masing kabupaten dan Kota Palu.

Untuk itu perlu komitmen kita bersama dan kita tandatangani komitmen tersebut hari ini kata Gubernur, dengan maksud supaya menjadi perhatian kita didalam penetapan anggarannya tahun 2019.

Sesuai hitungan BPJS dengan asumsi sharing 20% provinsi menganggarkan tahun 2019 sebesar Rp. 47.401.068.000 untuk menuju UHC Tahun 2019. Terakhir Gubernur dengan Bupati dan Walikota Palu melaksanakan penandatanganan Komitmen Kesepakatan Bersama tersebut***
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN