Hidayat Serukan Tolerasi di Tana Poso




Sumber/reporter: Humas pemprov/Ishak hakim

SANG Matahari Katulistiwa, begitu akrab Hidayat Lamakarate disapa, selama di Poso juga menghadiri Tabliqh Akbar ‘Mengikat Hati Membangun Persaudaraan." Kegiatan itu digagas Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI) di lapangan GOR Kasintuwu Kecamatan Poso Kota Utara, Kab Poso.

Dihadapan ribuan jemaah Tabliqh Akbar, Hidayat membacakan sambutan gubernur terkait perbedaan selalu mewarnai dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika tidak disikapi dengan baik bisa menimbulkan beragam masalah, karena secara hakikat, manusia itu sama, tetapi tak pernah ada manusia yang benar-benar sama dalam segala hal. Namun sesungguhnya perbedaan itu bisa menjadi satu kesatuan yang kokoh jika kita hidup saling memahami, saling menghargai, saling berinteraksi dan saling memberi manfaat satu sama lainnya.

Ada beberapa hal yang dapat kita jadikan pembiasaan sehubungan dengan melatih pengertian dan menyikapi perbedaan. Pertama, kembangkan cara berpikir positif dan hindari dominasi prasangka, hindari sikap menonjolkan diri dan merendahkan orang lain, senantiasa mengoreksi dan introspeksi diri, serta tidak cepat menghakimi orang lain.

Telusuri kebenaran sebuah informasi secara objektif, serta biasakan untuk tidak cepat menjustifikasi sebelum kita melakukan verifikasi kebenaran sesuatu, karena agama apapun tidak menghendaki kehancuran dan permusuhan, maka kita harus mampu mengoreksi diri dengan selalu tenang dan tegar dalam menghadapi masalah, termasuk perbedaan diantara kita, meningkatkan kepekaan diri terhadap orang lain dan lingkungan kita, karena kepekaan akan membuat kita peduli terhadap keadaan di sekeliling kita dan bersikap sabar, tulus, toleran dan tegas, sikap-sikap seperti ini merupakan esensi dari pengertian dalam menyikapi perbedaan, tegas tidak identik dengan keras, tetapi mampu menempatkan kebenaran pada porsinya, jalas gubernur.

Acara itu dihadiri ribuan jamaah, nampak hadir Bupati Poso dan unsur Muspida,tokoh agama, Ketua MUI Poso, tokoh pemuda dan para ulama setempat serta dihadiri artis kenamaan Teuku Wisnu yang juga pengurus pusat SKPI pusat.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN