Kemendagri Gelar Rakon Kehumasan



Sumber: Humas Pemprov

KEMENTERIAN Dalam Negeri Republik Indonesia menggelar rapat konsolidasi (Rakon) peran fungsi humas pemerintah dan pemerintah daerah tahun 2018. Rakon dihadiri kepala biro Humas Dan Protokol dari 34 provinsi bertempat di Gedung F Kemendagri (4/9).

Rakon merupakan rapat ke II dan dipimpin oleh Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Dr.Drs.Bahtiar,M.Si guna peningkatan peran humas yang awalnya terbatas hanya satu arah yakni bagaimana mengkomunikasikan, menyampaikan informasi atas penyelenggaraan pemerintah daerah, pemerintah pusat pada media cetak dan elektronik.

Mendagri diwakili Kepala Pusat Penerangan mengatakan untuk meningkatkan kemampuan, perangkat  humas harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi, termasuk di dalamnya media sosial. Sehingga dapat mengetahui kebutuhan publik. Lebih penting lagi, humas harus menjalin sinergi dan akrab dengan wartawan, agar dapat mengontrol informasi yang disampaikan kepada publik.

Peningkatan peran sumber daya manusia dan kemampuan dalam penguasaan teknologi informasi  juga perlu di miliki oleh insan humas, terlebih di era digital sekarang. Hal ini akan mempermudah kelancaran pekerjaan kehumasaan.

Lebih lanjut, Kapuspen menuturkan pentingnya peningkatan sumber daya manusia dalam menjalankan fungsi kehumasan sehingga diperlukan kecakapan dalam menjalankan tugas dan fungsi,"orang-orang yang bekerja di humas harus punya kompetensi spesifik dalam menjalankan tugas,"ungkapnya.

Menurutnya, peran humas di seluruh Indonesia sudah baik sehingga diharapkan rapat konsolidasi dapat selalu dilaksanakan,"Kita hanya dibedakan tempat kerja sehingga tidak ada yang dinamakan bahwa humas ini yang lebih baik karena kita semua satu lembaga humas," jelasnya.

Kesempatan yang lain Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Sulteng Drs.Haris Kariming menuturkan kegiatan ini bermanfaat untuk peran dan fungsi humas guna mengamankan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan, menyebarluaskan informasi serta mengedukasi masyarakat mengenai kebijakan publik.

"Rakon kehumasan se Indonesia ini sangat penting untuk mengsinkronkan program kerja dan IT kehumasan serta regulasi dalam pelaksanaan teknis bidang kehumasan di daerah agar data informasi dari kemendagri dan daerah dapat mudah di akses oleh seluruh lapisan masyarakat yang diharapkan menjadi salah satu indikator penilaian kinerja pemerintah daerah itu sendiri," katanya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN