Ketangkasan Tegak Bendera Dilombakan

Lomba ketangkasan tegak bendera di event Kemah Budaya Nasional (KBN) IX di dusun kayubura desa Pelawa Baru, Parigi Tengah Kab. Parigi Moutong Sulawesi Tengah, Kamis (20/9) (Foto : Humas Pemda)


Sumber: Humas pemkab parmout

MEMASUKI Hari keempat pelaksanaan Kemah Budaya Nasional (KBN) IX Kamis (20/9/2018) kembali mengikuti serangkaian kegiatan. Sejak pagi, para penggalang pramuka yang berasal dari 34 Provinsi di Indonesia ini mengikuti sejumlah lomba, diantaranya lomba tegak bendera, pemahaman religi, roda sejarah, penegakan benteng, penyelematan pancasila serta lomba titik darah penghabisan.  

Edi, salah seorang penanggungjawab kegiatan mengatakan, lomba yang dilaksanakan itu bertujuan membentuk karakter, mengasa kemampuan, keseimbangan, kekompakan dan solidaritas peserta. Ia mencontohkan lomba tegak bendera. Peserta diwajibkan menancapkan bendera diatas tali yang dibawa oleh sekitar 7 orang peserta.

Bendera yang telah diikat di tiang berukuran 1 meter lebih itu lalu dibawa berjalan. Satu perserta menjadi pemandu agar bendera tersebut tetap berdiri tegak "Disitulah kekompakan dan soliditas peserta diuji agar bendera tetap berdiri tegak sampai di finish," ujarnya. Lomba lainnya adalah pemahaman religi, setiap peserta perwakilan dari masing masing Kwarda diuji kemampuannya mengenai pemahaman religi, apakah penanaman nilai nilai religi yang diajarkan di sekolah apakah telah diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari atau belum. "Misalnya doa apa yang harus dibaca ketika bangun tidur dan lain sebagainya," ungkapnya.

Yang tidak kalah menarik juga dalam lomba yang dikemas melalui permainan itu adalah lomba mepertahankan benteng. Benteng yang disusun menggunakan gelas plastik bekas itu harus dibangun secara kokoh dan bisa dipertahankan sehingga tidak mudah roboh. "Benteng ini harus dibuat kokoh tidak mudah roboh, sehingga butuh kerjasama antar peserta,"paparnya.

Edi berharap lomba yag diikuti oleh seluruh peserta KBN itu dapat menanamkan nilai nilai kebersamaan, kekompakan dan kerjasama "Yang paling penting dari lomba ini akan terbentuk karakter positif dari masing masing peserta,"harapnya. **



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN