Korlantas Gandeng Untad Sebagai Pelopor Keselamatan


 

Reporter: Yohanes clemens

WAKIL Rektor Bidang Kemahasiswaan  Universitas Tadulako (Untad) Prof Dr Djayani Nurdin, SE,MSi, mewakili rektor Untad, menerima penyematan pin dari Korlantas Polri. Penyematan itu dilakukan dalam kegiatan Seminar Police Go To Campus pada Kamis (06/09/2018).

Kakorlantas Polri diwakili Kombes Pol Dr Agus Salim mengatakan, kegitan ini merupakan kegiatan yang tidak terlepas dari upaya polri dalam merencanakan menata menyiapkan menangani dan mengendalikan lalu lintas agar tercipta situasi aman, teratur, tertib dan lancar.

Pada saat membicarakan lalu lintas maka unsur-unsur yang terkait adalah dalam manajemen lalu lintas kita akan membicarakan masalah manusia, masalah kendaraan dan sarana prasarana jalan. Definisi lalu lintas sendiri adalah didefinisikan di dalam undang-undang bahwa lalu lintas adalah pihak pindah dari satu tempat ke tempat lain baik orang maupun barang, tinggal pergerakan dan perpindahan ini berkaitan dengan berbagai kepentingan dan aktivitas, baik bagi pribadi maupun kelompok.

"Lalu lintas juga dipahami sebagai urat nadi kehidupan yang bermakna dalam masyarakat untuk dapat hidup tumbuh dan berkembang. Dengan demikian lalu lintas yang menjadi urat nadi kehidupan hendaklah dapat terwujud dalam keamanan, keselamatan, kelancaran serta ketertiban," ujarnya.

Sehingga upaya Polri kususnya Korlantas tengah melakukan berbagai langkah, diantaranya, bekerjasama dengan pemangku kepentingan lainnya dalam upaya membangun sistem rekayasa lalu lintas. Pada bagian ini ditujukan adanya perencanaan, pengaturan, pengendalian, mencegah, memperbaiki, meningkatkan bahkan membangun dan mengatasi perlambatan atau biasa kita kenal kemacetan atau transformacion.

"Penanganan lalu lintas lainnya yakni, melaksanakan edukasi yaitu, upaya membangun budaya tertib lalu lintas dengan penerapannya secara formal yaitu masuk pendidikan kurikulum pendidikan. Kurikulum pendidikan adalah tingkat sekolah dasar (SD), sampai SMA, maupun secara sempurna baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media cetak, elektronik dan lainya," katanya.

Kegitan Go To Campus dimaksudkan untuk menjalin kerjasama, membangun koordinasi antara polri dengan civitas akademika dalam mewujudkan mahasiswa sebagai agen pelopor keselamatan berlalu lintas.

Di lain kesempatan Kapolda diwakili Irwasda mengatakan, masalah lalu lintas masih sebagai salah satu masalah besar. Olehnya, mahasiswa dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, yang dapat mengajak masyarakat pengguna jalan lainnya untuk merubah perilaku yang saat ini belum tertib menjadi perilaku berlalu lintas yang berkeselamatan. 

"Kegiatan police go to kampus ini menjadi sebuah strategi dari kepolisian untuk menularkan kepada semua orang untuk mentaati tertip berlalu lintas. Polantas saat ini sedang berupaya menjadi polantas yang profesional, bermoral dan moderen dalam setiap pelaksanaan tugas yang sesuai dengan amanat undang-undang 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan." 

"Maka diharapkan akan lebih mengoptimalkan peran kampus dalam upaya mendukung program software untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas. Menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang melibatkan mahasiswa dan mahasiswa ikut serta secara aktif mengembangkan program menuju Indonesia tertib berlalu lintas," harapnya.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN