MENYUSUL KETUA DPRD, Bupati Morut Diperiksa Tipikor Polda




BUPATI Morowali Utara (Morut) provinsi Sulawesi Tengah Ir Aptripel Tumimomor kemarin (17/09/2018) menjalani pemeriksaan di bagian tindak pidana korupsi (Tipikor) Polda Sulteng. Aptripel tiba di Polda, khususnya ruangan Subdit III Ditreskrimsus Polda pukul 9.00 Wita pagi.

Bupati Morut yang dilaporkan wartawan atas dugaan pengusiran, penghinaan itu datang menggunakan baju kemeja warna putih bintik-bintik hitam berlengan pendek, dipadu celana jeans warna gelap. Aptripel datang ke Polda menumpang mobil jenis Fortuner hitam berplat B 9 AZI. Aptripel terlihat dikawal dua orang pria beramput cepak. Sesuai pantauan wartawan, Aptripel diperiksa di ruangan khusus ukuran sekitar 2 X 1,5 meter. Saat melihat wartawan, Aptripel menutupi wajahnya.

Pemeriksaan terhadap Bupati Morut itu, diduga terkait dengan proyek pembebasan lahan rencana lokasi perkantoran pemerintah Kabupaten Morut di Desa Korolama Kecamatan Petasia seluas 46 hektar, dengan biaya ganti rugi mencapai Rp9,5 miliar. Direktur Reskrimsus Polda Sulteng Kombes Pol Arief Agus Marwan melalui Kasubdit III AKBP Teddy Salawati, SH membenarkan jika pihaknya tengah memeriksa Bupati Morut Aptripel Tumimomor.

“Iya memang penyidik kami tengah memeriksa Bupati Morut Aptripel Tumimomor. Dan Selain itu, kami juga telah mengirim surat panggilan ke Ketua DPRD Morut Syarifuddin Madjid dan Asman Laoliu, terkait biaya ganti rugi pembebasan lahan untuk lokasi pembangunan perkantoran Pemda Morut, "ujar perwira Polisi berpangkat dua melatih di pundaknya itu. Sampai sore kemarin, Bupati Aptripel Tumimomor belum dapat dimintai keterangannya. Sebab masih berada di ruangan pemeriksaan.

GEDUNG DPRD MORUT

Penyidikan atas kasus dugaan korupsi pembangunan gedung DPRD Morut juga masih ditangani Polda. Informasi terakhir, Polda melibatkan BPK RI untuk menghitung kerugian negara. Atas dasar itu hingga dua tahun ini pengusutan kasus tersebut belum pula ada tersangka. Sejumlah nama sudah diperiksa. Bahkan nama-nama yang dicurigai terlibat kasus tersebut.

Kedua; Polda juga mengusut kasus yang terjadi di Dinas Kesehatan Morut. Kadisnya, Delnan pun pernah diperiksa 10 jam di sebuah rumah makan Kolonodale. hingga kini juga masih dalam pengusutan. Pihak Tipikor Polda berjanji pengusutan kasus–kasus korupsi di Morut sesuai dengan ketentuan hukum. Semua berdasakan ketentuan hukum.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN