Molor, Sisa Dua Hari Bahas ABT Donggala



Reporter/donggala: Zubair yakub

MOLORNYA Pembahasan anggaran belanja tambahan (ABT) di APBD 2018 Kabupaten Donggala mulai mencemaskan. Pasalnya, tim asistensi provinsi akan membahas hingga 30 September mendatang. Olehnya, Pemkab dan DPRD harus patuh dengan ketentuan tersebut. Solusinya, dua hari OPD harus selesai membahasnya.

Mantan anggota DPRD Donggala dua periode, Abd Muis Yahya kepada Kaili Post menyatakan bahwa eksekutif dan legislatif terperangkap pada situasi sangat krusial dan memiliki konsekwensi terhadap pembahasan anggaran perubahan tersebut.

Muis mengingatkan jika hal itu dipaksakan akan berdampak buruk terhadap program strategis kegiatan pembiayaan akhir tahun. Dan bermuara pada gagalnya pihak eksekutif mengeksekusi anggaran. Dimasa ia sebagai tim badan anggaran biasanya membahas anggaran itu kurang dari dua pekan atau empat belas hari. ‘’Kenapa ini hanya kurang dari dua hari dan mereka bisa mengutak atik anggaran yang membutuhkan waktu untuk dikoreksi dan diteliti lebih lanjut," ujarnya.

Dampak dari itu semua, Muis Yahya berasumsi akan ada program kegiatan dan pembiayaan anggaran belanja daerah yang bisa saja siluman. Bercermin dari tahun 2017 silam, Pemkab Donggala masih berutang kepada pihak ketiga yang tentunya menjadi beban anggaran tahun ini. ‘’Hak coret dan koreksi ada pada legislatif, sehingga jika berdampak hukum dewan tidak terlibat dalam hal berjamaah memutuskan yang keliru," tuturnya.

Mencermati penyampaian nota pengantar keuangan bupati pada APBD perubahan tahun ini, ada Rp11 miliar lebih angka pemangkasan di sejumlah OPD. Pertanyaanya, apakah ini dibolehkan untuk membiayai program tahun lalu yang menjadi beban hutang bawaan.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN