Nabung Saham Modal Rp100 Ribu Bisa Dapat Saham

Reportase: Ikhsan madjido

DENGAN modal Rp100 ribu, anda dapat pulang membawa saham. Caranya, dengan memulai nabung saham setelah mengikuti Sekolah Pasar Modal atau mendaftar secara langsung ke perusahaan sekuritas. “Dengan diresmikannya Kantor Perwakilan BEI di Sulteng, anda dapat ke perusahaan sekuritas yang ada dan memilih membuka akun efek di sekuritas yang deposit awalnya hanya 100 ribu rupiah atau sesuai dengan kantong anda,” beber Direktur Utama PT MNC Sekuritas, Susy Meilina saat Workshop Wartawan peresmian Kantor Perwakilan BEI Sulteng, Rabu (5/9/2018).

Hal ini menampik tudingan menjadi investor saham memerlukan uang yang banyak, sehingga orang enggan mulai investasi saham. Menurutnya, salah satu faktor penyebab rendahnya tingkat literasi keuangan pasar modal Indonesia adalah anggapan bahwa investasi saham butuh dana besar dan sulit dipahami.

“Investasi saham tidak serumit yang dibayangkan. Yang terpenting menyisihkan uang untuk menabung saham secara rutin dan berkala. Melalui MNC GEMESIN Plus, nasabah dapat menabung mulai dari Rp 100.000 per bulan,” ujarnya.

Yuk Nabung Saham (YNS) merupakan kampanye yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mengajak masyarakat  sebagai calon investor untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin dan berkala. Jadi murni tujuan dibentuknya “Yuk Nabung Saham” adalah untuk meningkatkan jumlah investor saham dan juga menyadarkan masyarakat bahwa investasi itu penting.

“Pada kenyataannya nabung uang di bank sama dengan nabung saham melalui sekuritas. Hanya saja menabung saham keuntungannya jauh lebih tinggi dari pada bunga deposito bank,” terang Direktur Pengembangan BEI, Hasan Fawzi.

Dengan adanya “Yuk Nabung Saham” BEI ingin masyarakat juga memanfaatkan pasar saham sebagai sarana untuk meletakkan uang diam mereka, sama seperti di bank. Karena kalau di pikir-pikir memang lebih untung menabung saham dari pada harus menggemukkan rekening bank.

Sama dengan menabung uang di bank, sebenarnya prosedur nabung saham pun juga sama, hanya saja berbeda tempat pembuatannya. Bila menabung uang buka tabungannya di bank, maka untuk menabung saham maka membuka tabungan dengan akun efek di sekuritas.

Perusahaan Sekuritas adalah yang bertugas sebagai perantara penjualan saham yang akan dicatatkan nilai investasi kita pada kustodian sentral efek Indonesia (KSEI).  Cara instan untuk membuka akun sekuritas adalah dengan mengikuti sekolah pasar modal (SPM). Dengan mengikuti SPM, tidak perlu repot dalam membuka akun sekuritas karena akan dibantu langsung oleh perusahaan terkait dan akunnya pun langsung jadi di hari yang sama. Mudah bukan?

Untuk cara manual lebih ribet, anda harus ke perusahaan sekuritas langsung untuk membuka akunnya. Akun yang dibuat di perusahaan sekuritas pun lebih lama jadinya, bisa sampai 1 minggu kerja biasanya.

Jadi alangkah baiknya bila ingin terjun ke pasar modal saham terlebih dahulu ikut Sekolah Pasar Modal (SPM) yang diadakan langsung oleh IDX yang bekerja sama dengan perusahaan sekuritas langsung.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN