Pangan Sulteng Aman Untuk 6 Bulan Depan



Sumber: Humas pemprov

STOK Pangan Provinsi Sulawesi Tengah dipastikan aman hingga enam bulan ke depan. Bahkan Sulteng posisi aman karena stok pangan surplus. Sulteng termasuk daerah surplus beras yang mencapai lebih 299.882 ton tahun 2017. Demikian dikatakan sekdaprov Hidayat Lamakarate ketika membuka rangkaian peringatan Hari Pangan Sedunia ke-38 di Kabupaten Buol.

Hidayat mengingatkan pentingnya kedudukan Dewan Ketahanan Pangan provinsi dan kabupaten/kota mengoptimalisasi fungsi koordinatif lintas sektoral. "Karena pembangunan ketahanan pangan adalah urusan lintas sektor bukan sekedar urusan utama sektor pertanian atau pangan semata," tegas sekprov. Soal stok aman, stakeholder diminta tidak lengah dan tetap siaga menjaga kestabilan harga serta stok cadangan pangan.

Kasus stunting yang masih tinggi juga tidak luput dari perhatian peserta rakor untuk dicari solusinya bersama isu-isu strategis lain untuk dibedah termasuk tentang penyerapan gabah / beras petani oleh BULOG Sulteng yang baru 27,35 % dari target serapan 50 ribu ton tahun 2018. "Saya harap output (rakor) menjadi rumusan dan rekomendasi kebijakan strategis yang dapat ditindaklanjuti," pungkas Sekprov.

Rapat diikuti para Kadis Pangan se Sulteng, OPD teknis dan mitra kerja provinsi maupun kabupaten yang masuk dalam keanggotaan dewan ketahanan pangan.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN