Pemkab Banggai Intens Sosialisasi Pengolahan Sampah



Reporter/luwuk: Imam muslik
Reporter/luwuk: Imam muslik

DINAS Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai menggelar acara bimbingan teknis (Bintek) persampahan dan sosialisasi meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan persampahan, Selasa (25/09/2018) kemarin.

Kegiatan itu dibuka Bupati diwakili staf ahli bidang publik dan rekayasa sosial, Hasanuddin Idris, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banggai, Kabid Evaluasi & Tindak lanjut Pengelola SDA LH P3 E SumaSul, Azri Rasul), Manager Yayasan Peduli Negeri Ibrahim, peserta sosialisasi wakil dari beberapa dinas, dan Direktur Bank Sampah Banggai.

Ketua panitia, Kamhar bahwa kegiatan–kegiatan teknis persampahan dan sosialisasi peningkatan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan persampahan adalah kegiatan kewenangan sampah meliputi pengelolaan, pengumpulan, pengangkutan. Sampah merupakan ancaman serius international dan Indonesia. Untuk itu kerja sama kepedulian masyarakat Banggai.

Dibutuhkan organisasi pengelolaan persampahan di tahun mendatang Banggai, lebih bersih dan lebih hijau dan untuk generasi yang akan datang. Dasar Pelaksanaan a, UU RI No. 18 tahun 2008 tentang pengelolaan persampahan, PP No. 81 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, Perpres No. 97 tahun 2017 tentang Gestanas pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Tujuannya untuk memberikan pemahaman selaku pemerintah dan masyarakat tentang pengelolaan dan penggalangan sampah.

Sedangkan Hasanuddin Idris, yang membacakan sambutan bupati pada dasarnya kegiatan ini intinya adalah membangun sinergisitas program kerja lingkungan hidup ke depan yang tepat sasaran. Karena tujuaan pembangunan Lingkungan Hidup adalah untuk meningkatkan kesadaran  dan kemauan sendiri.

‘’Membangun daerah ini, tentunya saya selaku pimpinan daerah bertekad melaksanakan program-program pembangunan demi kemajuan dan perkembangan kesejahteraan masyarakat seutuhnya,’’ terang bupati.

Pemkab Banggai sebelumnya sudah melakukan pembinaan pengelolaan sampah rumah tangga melalui sosialisasi dan pelatihan, penyediaan sarana dan prasarana, meliputi pengadaan komposter, mesin pencacah organik, tong sampah, gerobak sampah, kontainer sampah. TPST3R dan TPA dengan system Control Landfill, hingga saat ini di Banggai sudah terbentuk satu unit BS, 32 Unit BSU, 1 TPST3R, dua Rumah Kompos dan 1 TPA.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN