Pemkab Pohuwato Belajar Kembangkan Kelor di Parigi


STUDI BANDING: Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kab. Parigi Moutong, Drs H Samin Latandu menyerahkan cendera mata  kepada perwakilan Pemkab Pohuwato, Rabu (12/9) (Foto :Yusuf/Humas Pemda) 

Sumber: Humas Pemkab parmout

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Pohuwato berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (12/9/2018). Rombongan yang didominasi kaum perempuan itu diterima secara resmi Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Parigi Moutong, Drs H Samin Latandu di ruang Rapat Bupati.

Tujuan rombongan yang dipimpin Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kabupaten Pohuwato, Sarina Nggole ST itu adalah ingin mengetahui pengembangan produksi olahan tanaman kelor sehingga menembus pasar manca Negara.

“Kami memperoleh informasi bahwa olahan tanaman Kelor Parigi Moutong sudah dipasarkan hingga ke Rusia. Parigi Moutong juga memperkenalkan kebudayaan Parigi Moutong disana, tapi juga sekalian memperkenalkan kelor disana. Makanya kami datang kesini, untuk mengetahui hal itu, “kata Sarina Nggole ST yang ikut didampingi Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas PMPTSP Kabupaten Pohuwato Siti Taruliyati SP.

Studi Banding itu kata Sarina, merupakan inisiatif Wakil Bupati Puhuwato. “Beliau yang mengutus kami kesini guna mengetahui apa saja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong sehingga bisa tembus ke Negara Rusia,”ungkapnya

Asisten Pemerintahan dan Kesra  Samin Latandu pada kesempatan itu menjelaskan banyak hal mengenai kondisi Kabupaten Parigi Moutong, termasuk memaparkan secara singkat bagaimana peran Kabupaten Parigi Moutong sehingga bisa menembus pasar dunia dalam olahan kelor tersebut. “Semua tidak terlepas dari lobi-lobi yang dilakukan Pak Bupati dan Wakil Bupati kami di Pemerintah pusat. Relasi yang dibangun keduanya di tingkat pusat sangat baik, sehingga memudahkan daerah ini untuk memasarkan produk olahan kelor itu sampai tembus ke Rusia.”ungkap Samin.    

Samin tak lupa menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pohuwato yang telah berkunjung dan melakukan studi banding di Kabupaten Parigi Moutong “Atas nama Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong, saya menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Pohuwato yang telah berkunjung sekaligus belajar mengenai keberhasilan yang sudah dicapai Parigi Moutong selama ini. Mudah-mudahan ada kunjungan balasan kami ke Kabupaten Pohuwato,” harapnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN