Poso Rekrut 193 ASN, Utamanya Guru


 
Foto: Yan Edward Guluda
Reporter/Poso : Ishaq Hakim

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Poso tahun ini hanya menerima ASN sebanyak 193 orang. Jumlah tersebut lebih kecil dari sebelumnya yaitu 500 ASN baru. Hal itu dilakukan berdasarkan instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (MenPan-RB).

Kepada wartawan di Poso, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Poso, Yan Edward Guluda mengatakan, jumlah kuota penerimaan ASN sebanyak 193 orang karena disesuaikan dengan menghitung dasar besaran gaji dari alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Poso.

Kata Yan Edward Guluda, Kabupaten Poso sendiri untuk APBD gaji pegawai masih diatas 50 persen, yang seharusnya aturan MenPan-RB harus dibawah 50 persen. "Tentunya MenPan-RB menghitung dasarnya besaran gaji belanja pegawai melalui APBD, kita di Poso gaji dari APBD masih diatas 50 persen harusnya dibawah 50 persen," ucapnya, Selasa 18 September 2018.

Jumlah penerima ASN Poso sebanyak 193 orang itu disesuaikan dengan jumlah pensiun PNS Poso yang setiap tahun sebanyak 200 orang. Untuk Poso sendiri dari kuota 193 PNS yang diterima yakni profesi guru sebanyak 90 orang meliputi guru SD dan SMP. Selain itu untuk kesehatan 80 orang terdiri dokter umum, gigi, dokter spesialis, perawat, apoteker, ilmu gizi dan ahli rongsen.

Sementara profesi tenaga tehnik dibutuhkan 23 orang yakni tehnik sipil, arsitektur, ilmu biologi, akuntansi dan sarjana hukum. Sedangkan untuk honorer Kategori Dua (K2), sesuai keputusan MenPan-RB kebijakan pengangkatan menjadi PNS telah berakhir sejak dua tahun lalu.

Kata Yan Edward Guluda, K2 dan warga yang ikut seleksi PNS dengan syarat pendidikan terendah diploma dan umur maksimal 35 tahun ditanggal 30 September 2018. "Honorer K2 harus ikut umum tidak ada lagi pengangkatan khusus, K2 yang ikut harus pertanggal 30 September umurnya tidak boleh lebih dari 35 tahun," jelasnya.

Sementara untuk K2 yang memiliki ijazah sarjana guru yang akan ikut seleksi, harus ijazahnya diperoleh tahun 2013 dan tidak boleh diatas tahun tersebut. Saat ini data dari BKPSDM Poso jumlah K2 yang ada di Poso berjumlah 1900 orang. Wilayah Poso untuk lima tahun kedepan tenaga yang sangat dibutuhkan yakni PNS berprofesi guru.

"Banyak sekolah SD yang gurunya merangkap dan sangat kekurang guru seperti guru bidang IPA  juga gurunya kurang. Ada yang gurunya pun sudah pensiun, bahkan ada yang telah pindah ikut suaminya bekerja di luar Poso," terangnya.

Ditambahkannya, pada 19 September 2018 jumlah penerimaan PNS dan pendaftaran PNS melalui online akan diumumkan secara serentak di Indonesia termasuk wilayah Poso. Pendaftaran dibuka selama sebelas hari mulai tanggal 19 hingga 30 September 2018, pelaksaan tes ujian PNS sendiri nantinya akan dilaksankan di kantor BKN Palu.

Dijelaskannya, seleksi yang dilakukan meliputi seleksi berkas, tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hingga tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). "Dalam tes nanti ada beberapa kategori, mulai seleksi berkas, kalau lolos berkas ikut tes SKD kalau nilainya bagus lagi ikut tes SKB," jelasnya.

Dimana untuk tes PNS yang menjadi penentuan kelulusan akan dinilai bagi peserta tes yang mempunyai kemampuan kompetensi bagus. Hasil nilai ujian tes PNS saat itu juga langsung bisa dilihat melalui komputer.

"Kemampuan kompetensi yang baik menentukan kelulusan. Yang jelas pendaftaran terbuka secara transparan. Hasil tes nilai nanti langsung bisa dilihat melalui komputer pada saat itu," tuturnya.
Yan Guluda menyampaikan, untuk nasib K2 sebanyak 1900 orang, saat ini Pemda Poso masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) agar bisa diakomodir nasib mereka.

"Kami masih menunggu PP dari MenPan RB soal nasib K2, mereka itukan seperti pegawai kontrak namun belum ada dikeluarkan dasar itu untuk mengakomidir mereka. Tapi perlu diingat setelah ada mekanisime itu pasti akan ada seleksi umur maupun latar belakang pendidikan," pungkasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN