PTUN Menangkan Mantan Ketua KPU Cs



Reporter/Morowali: Bambang Sumantri

KETIDAKLOLOSAN Wahyudin, Marice dan Mujarmin dalam syarat adminstrasi pendaftaran calon anggota KPU Morowali periode 2018-2023 akhirnya terjawab. Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palu, yang digelar di Pengadilan TUN atas gugatan Nomor 7, dengan penggugat Wahyudin dkk yang mendaftarkan diri sebagai calon anggota KPU Morowali periode 2018-2023.

PTUN membatalkan keputusan tim seleksi Nomor 10 yang lolos administrasi, dan dinyatakan batal demi hukum. Ketidaklolosan administrasi itu diakibatkan rekomendasi yang dikeluarkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) dianggap tidak memenuhi syarat. Padahal Sekkab memutuskan telah memenuhi syarat, sehingga ketiga calon anggota KPU itu semestinya ikut dalam tahapan selanjutnya sebagaimana tahapan Timsel saat itu.

Mantan Ketua KPUD Morowali, Wahyudin mengatakan bahwa atas dasar keputusan PTUN sebagai lembaga pengadilan wajib dijalankan oleh eksekutor pelaksana keputusan, yaitu KPU Republik Indonesia karena pastinya akan berakibat atas penyelenggaraan pemilu 2019 di Kabupaten Morowali.

‘’Keputusan PTUN harus dijalankan untuk keabsahan penyelenggara pemilu atas dasar keputusan Timsel yang telah dibentuk KPU RI, maka dari itu bagaimana keabsahan komIsioner KPU Morowali jika pelaksanaan rekruitmeNnya tidak memenuhi syarat? Tentunya ini merupakan hal yang perlu diselesaikan secepatnya agar tidak menjadi kontradiksi atas penyelenggaraan Pemilu 2019 di Kabupaten Morowali,

‘’Kesalahan Timsel sudah terjawab pada hari ini. Pemangku kepentingan belum melakukan keberatan karena belum ada hasil Pemilu 2019, jika sudah ada maka hal ini kan terbawa-bawa jika tidak dilakukan eksekusi secepatnya," tandas Wahyudin.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN