Rapat Konsolidasi DD: Kadis PMD Sesalkan Pergantian Aparatur Desa


.
Reporter/Morut: Pariaman Tambunan

DINAS Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Morowali Utara menggelar rapat konsolidasi penggunaan dana desa (DD) 2018 triwulan satu dan dua tahun 2018, agar tahapan pencairan dan pelaksanaannya  bisa berjalan dengan baik.

Kepala Dinas (Kadis) PMD, H Andi Parenrengi meminta untuk meningkatkan kualitas kegiatan yang dilaksanakan dengan baik. Namun demikian beberapa permasalahan yang menonjol perlu menjadi perhatian.

“Di setiap desa di Morut, ada beberapa permasalahan yang menonjol yang perlu dituntaskan. Seperti dampak pilkades serentak, ada kades baru yang mengganti seluruhnya aparatur desa,” ujar H Andi Parenrengi, di ruang rapat dinas PMD, Jum’at (31/8/2018).

Mengacu pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2015 tentang desa, jelas bahwa perangkat desa bersifat permanen dan berhenti pada saat umur 60 tahun.

“Tapi di Desa Tiu Kecamatan Petasia, seluruh perangkat diganti. Itu sudah melanggar aturan. Jadi perangkat desa itu bisa diberhentikan berdasar peraturan dan mekanisme yang ada. Ini perlu disesalkan” terangnya.

Terkait Badan Permusyawaran Desa (BPD) belum Raperda tentang BPD, masih mengacu pada Permendagri 110.

“PMD akan membuat edaran bagi BPD yang sudah berahir masa jabatannya agar berhenti secara otomatis. Jadi apabila pemilihan BPD perlu disosialisasikan, kami siap turun ke desa-desa agar pemilihan BPD bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa sebagai dampak pemilu legislatif 2019, sudah ada beberapa kades mencalonkan diri menjadi caleg, sehingga harus mengundurkan diri.

Dalam perda dijelaskan kalau masa jabatan kades dibawah satu tahun sudah berhenti, maka akan ditunjuk pejabat kades. Tapi kalau diatas satu tahun, maka diadakan pemilihan antar waktu.

“Jadi pemilihan antar waktu itu baru mau akan kita lakukan tahun ini. Pada saat pemilihan kades antar waktu itu yang hadir unsur masyarakat, tokoh agama,tokoh adat, dan dilakukan melalui mufakat. Apabila pencapaian mufakat tidak berhasil maka di adakanlah voting,” terangnya.

Hadir dalam rapat tersebut antara lain Sekretaris PMD, Yaber Raya Patiri, seksi penyelenggara administrasi pemdes, Anderson, serta kades dan aparatur desa se Kabupaten Morut.

Terkait konsolidasi DD, kadis PMD kembali mengharapkan agar tahapannya berjalan baik.
“Keberhasilan para kades keberhasilan dinas PMD ini juga, permasalahan para kades permasalahan camat dan permasalahan kantor ini juga, kalau camat dan kades berhasil keberhasilan dinas PMD ini juga,” tandasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN