RSU Tadulako Buka Pelayanan Rawat Inap


Reporter: Yohanes Clemens

RUMAH SAKIT Umum (RSU) Tadulako yang berada di bawah naungan Universitas Tadulako secara resmi membuka pelayanan rawat inap pasien. Resminya RSU tersebut ditandai dengan peresmian pelayanan rawat inap dan instalasi gawat darurat RSU Tadulako oleh rektor Prof Dr Muhammad Basir Cyio (31/08/2018) pekan lalu. 

Menurut Prof Basir, peresmian tersebut ibaratkan sebagai momen kelahiran RSU Tadulako sebagaimana bayi yang baru lahir. Suasana di rumah sakit yang terletak dalam lingkungan kampus Untad tersebut tentu masih belum sama dengan rumah sakit lainnya di Kota Palu atau di  Provinsi Sulawesi Tengah. 

Sehingga, rektor menekankan RSU Tadulako membutuhkan banyak bantuan dan berbagai pihak terkait untuk terus berkembang maju. ‘’Seperti bayi yang baru dilahirkan pasti masih berlumur darah. Darah - darah itulah yang kita sama-sama bersihkan. Seolah pada saat memasuki usia dua atau tiga tahun akan mulai berjalan dan belajar untuk berlari," ujar Prof Basir.



Peresmian pelayanan rawat inap dan IGD di RSU Tadulako, yang juga ditandai dengan penandatanganan MoU antara rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Kerjasama itu ditandatangani langsung oleh Direktur RS Tadulako bersama Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palu, Hartati Rachim. Sedangkan, menurut Direktur RSU Dr DR Ketut Surayasah menyebutkan sebelumnya RSU Tadulako telah membuka pelayanan rawat jalan sejak tahun 2017 lalu dengan beberapa poli dasar seperti, kebidanan ,benda anak, dan penyakit dalam. Dan juga membuka beberapa pelayanan spesialis yakni, gizi, kulit dan kelamin THT mata, urologi dan kordiologi. 

"Tahun 2018 kita ke tambahan satu pelayanan poli yakni poli paru yang ditangani langsung oleh spesialis paru. Kami juga telah melakukan MoU dengan Dinas Kesehatan Sulteng dalam menjadi salah satu rujukan untuk kasus-kasus paru. Lebih kusus kita ingin berkontribusi dalam penurunan kasus TB." 

"Ini sejalan dengan visi fakultas kedokteran untad dan RSU Tadulako, yakni konsen pada penanggulangan penyakit tropis. Saya mengakui dalam melaksanakan operasi pelayanan selama setahun belakangan RSU Tadulako belum berfungsi maksimal terkait beberapa pemeriksaan penunjang. Maka dari itu RSU Tadulako menekan kerjasama dengan RS yang ada di Kota Palu untuk melakukan rujukan parsial," jelasnya.

Selanjutnya, tambah DR Ketut, kedepan kita juga akan kerjasama dengan RS lainnya, kita juga punya MoU dengan PMI terkait ketersediaan darah serta dengan laboratorium swasta.** 



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN