Stempel Palu Arit Dipertanyakan , Danrem : Cepat Tuntaskan Masalah


 

Reporter/morowali: Bambang sumantri

KOMANDAN Korem (Danrem) 132/Tadulako, Kolonel Inf Agus Sasmita melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Morowali (14/9/2018) lalu. Setelah turun dari pesawat di bandara Maleo Morowali, Agus langsung berkunjung ke Kodim 1311 Morowali yang berada di kompleks Kota Terpadu Mandiri (KTM) Kecamatan Bungku Tengah.

Ia pun langsung melakukan peletakan batu pertama sebagai pertanda dimulainya pembangunan Mushollah As-Shobirin yang terletak di halaman kantor Kodim 1311 Morowali, didampingi oleh beberapa perwakilan dari Pejabat Pemkab Morowali, Polres Morowali, kades dan camat.

Dikatakan Agus Sasmita, Kunker dilaksanakan dalam rangka mempererat hubungan silaturrahmi antara pihak Korem 132 Tadulako dengan Kodim 1311 Morowali. ‘’Antara pimpinan dan bawahannya harus saling mengenal satu sama lain, maka dari itu hubungan silaturahmi seperti ini perlu dibangun terus, jangan hanya menerima informasi dari bawahan, akan lebih baik kalau kita selaku pimpinan juga turun langsung melihat kondisi di lapangan," ungkapnya.

"Dengan adanya pertemuan seperti inilah saya bisa mendapatkan informasi dan masukan dalam rangka tugas pokok Korem, saya berharap agar pasukan di Kodim selalu cepat dalam mengatasi masalah yang terjadi di wilayah hukumnya, terus pertahankan keberagaman karena keberagaman itulah yang akan mempererat persatuan di tengah-tengah perbedaan," imbuhnya.

Sementara, Dandim 1311 Morowali, Letkol Arh Sabariyandu Kristian Saragih mengatakan bahwa dengan kedatangan Danrem, diharapkan dapat memacu semangat dan memotivasi anggota Kodim serta pasukan Kompi B Sintuwu Maroso dalam mengemban tugas.

‘’Kodim saat ini masih dalam proses pembenahan, kedatangan Danrem merupakan kesyukuran bagi kita dan saya berharap agar kita sebagai prajurit lebih meningkatkan kualitas kerja di lapangan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap negara," tandasnya.

STEMPEL PALU ARIT

Sekretaris Jendral (Sekjen) Gerakan Rakyat dan Buruh Morowali Bersatu (GRBMB) Kabupaten Morowali, Abdul Malik Rudin mendesak agar penanganan kasus stempel berlogo palu arit di PT CRCC segera dituntaskan.

Menurutnya, lambang atau logo palu arit adalah simbol yang di Indonesia telah dilarang karena memiliki sejarah kelam di masa lalu, dan aparat penegak hukum tidak boleh main-main dalam menyelesaikan masalah tersebut.

‘’Menurut saya, memang ini adalah ancaman besar buat bangsa, harus diproses secara hukum, jangan terjadi pembiaran, simbol palu arit adalah luka lama untuk bangsa ini bagaimana kekejaman PKI di masa lalu jangan sampai terulang kembali," ungkap Malik.

Ditambahkannya, sudah sangat jelas paham komunis atau yang lebih spesifik terkait dengan Partai Komunis Indonesia (PKI) telah dilarang. "Apalagi secara yuridis paham-paham PKI sudah sangat dilarang tumbuh dan berkembang di bangsa ini dan dianggap sebagai kejahatan, ketentuan soal larangan tersebut dalam produk hukum MPR yang masih berlaku adalah Tap MPRS Nomor XXV Tahun 1966  tentang pembubaran Partai Komunis Indonesia, PKI sebagai organisasi terlarang di seluruh wilayah negara Republik Indonesia dan larangan menyebarkan atau mengembangkan paham atau ajaran Komunisme/Marxisme, dan Leninisme" jelas Malik.

Malik menyebutkan bahwa penemuan stempel palu arit di perusahaan milik asing perlu diwaspadai dan patut diduga merupakan ancaman terhadap kedaulatan bangsa. "Nah, terkait masalah penemuan stempel palu arit di salah satu perusahaan yang beroperasi di Morowali, saya menduga sebagai ancaman besar cikal bakal tumbuh dan berkembangnya kembali paham terlarang tersebut di bangsa ini, ini harus menjadi perhatian besar dari kepolisian, sebagai bagian tubuh institusi Polri, Polres Morowali dalam hal ini Kapolres harus menyikapi dengan serius persoalan ini melalaui instruksi langsung kepada jajarannya untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan secara serius dan memberikan kabar kepada masayarakat soal proses hukum yang berjalan sudah sampai ditahap mana," tandasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN