Tanah & TR Untuk Keadilan Dan Kemakmuran


 
Sumber: Humas pemprov

HARI AGRARIA dan tata ruang nasional (TRN) 2018 Senin (24/9/2018) di kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Palu. Acara  tersebut juga dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah. Gubernur Longki Djanggola bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Agraria Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Republik Indonesia. Peringatan tersebut mengangkat tema “Tanah Dan Ruang Untuk Keadilan Dan Kemakmuran”.

“Tema itu mengandung makna tanah dan ruang sebagai satu kesatuan yang utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha maupun negara. Upaya meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian ATR/BPN sudah meluncurkan sistem informasi geografis tata ruang (Gistaru) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional, maupun yang berlaku di setiap daerah”, tutur gubernur. 



Gubernur Longki berharap, dengan terbukanya akses dokumen rencana tata ruang, kesadaran masyarakat dapat meningkat. Yang kemudian ditindaklanjuti secara aktif oleh masyarakat dalam implementasi dan pengawasan di lapangan. 

Rencananya, tahun 2025 bidang tanah di seluruh wilayah Indonesia yang mencapai lebih kurang 126 bidang tanah, ditargetkan harus rampung dan tersertipikat melalui percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL). Lanjut gubernur, dukungan pemerintah daerah untuk mendorong tercapainya target tersebut dikarenakan, perlunya kepastian hukum status objek tanah guna melengkapi persyaratan pengadaan tanah sesuai perundangan dan peraturan yang berlaku. Itu semua secara langsung akan meningkatkan pembangunan infrastruktur, sehingga produktivitas daya saing nasional dapat meningkat dan serta berkembangnya investasi di daerah. 

Maraknya kasus sengketa tanah yang kerap terjadi juga menjadi perhatian gubernur. Untuk permasalahan itu, gubernur mengungkapkan hal ini perlu penanganan dan penyelesaian secara komprehensif, agar tidak menyita waktu dan berlarut-larut. Sehingga rakyat mendapat kepastian hukum. 




Di kesempatan tersebut gubernur yang membaca sambutan menteri agraria juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada para bupati dan wali kota yang telah bekerja sama dengan jajaran ATR/BPN dalam menyukseskan program strategis kementerian ATR/BPN. 

Gubernur Longki secara simbolis juga menyerahkan 10 sertifikat kepada para pemohon sertifikat tanah. Setelahnya 20 orang penerima anugerah tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya juga disematkan oleh gubernur. Penganugerahan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 78/TK/Tahun 2018. 

Mereka adalah pegawai negeri sipil yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada Pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta dengan penuh pengabdian dan kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus paling singkat 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.  Penghargaan itu, sesuai dengan petikan Keppres bertujuan agar dapat menumbuhkan kebanggaan, keteladanan, semangat kejuangan, dan motivasi meningkatkan dharma bhakti kepada bangsa dan negara.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN