Terendus ! Biaya Mamin, dan Honor hanya Copas


 

Reporter/Donggala: Zubair yakub

MELONJAKNYA Anggaran makan minum (Mamin) dan biaya honorarium di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Donggala terendus hanya copy paste (menyalin/mengganti sepenuhnya) hingga luput dari pantauan badan anggaran (Banggar) DPRD.

Hal itu dikatakan aktifis LSM, Erwin Bulukumba. Menurutnya,  pengalokasian anggaran ini cenderung meningkat dan diindikasikan sebagai lahan korupsi oknum oknum OPD yang tidak bertanggungjawab. Mengapa? Kata Ewin, pada pos pengeluaran mamin dan honorarium seringkali pertanggungjawaban menjadi alasan realistis untuk diterima oleh semua pihak termasuk BPK yang melakukan audit.

Namun, jika diteliit dengan benar dan jeli, maka terjadi selisih angka dalam setiap tahunnya. ‘’Dan menjadi ajang kopi paste pagu OPD saat mengajukan anggaran untuk ditetapkan menjadi RKA. Banggar tidak jeli,’’ tandasnya. Untuk dua pos itu, lanjutnya ada pembengkakan yang luar biasa anggarannya. Yaitu mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya. ‘’Pertanyaannya apakah itu tidak pemborosan? Yang menyebabkan keuangan daerah defisit dan lain sebagainya.’’ Ujar Ewin lagi.

‘’Ini semua yang menyebabkan anggaran pemerintah saat dilakukan pembahasan mengalami defisit, dan selalu kurang," ujarnya. Dia juga menyinggung terkait dugaan sejumlah mata anggaran yang dialihkan pembiayaannya, sehingga berdampak masih adanya pihak ketiga yang belum  terbayarkan hingga tahun 2018.

Ada miliaran rupiah utang pemerintah kepihak ketiga masih menjadi tunggakan dan belum dibayarkan. Sementara anggaran pemerintah yang tertinggal di kas tidak mencukupi lagi guna mmbiayai program lanjutan tahun ini.

Sebelumnya, DPRD menemukan sejumlah anggaran Mamin di sejumlah OPD membengkak pembiayaannya. Selain itu, honorarium baik bagi pegawai kontrak pun yang organik juga melonjak. Hal itu terbukti pada rapat kerja evaluasi TA 2017 lalu di gedung wakil rakyat itu.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN