Wabup Lantik Saka Pramuka Kalpataru

Reporter/luwuk: Imam muslik

GERAKAN Pramuka sebagai sebagai penyelenggara pendidikan kepanduan Indonesia yang merupakan bagian pendidikan nasional, yang  bertujuan membina potensi-potensi spiritual, sosial, intelektual agar terbiasa, pertama membentuk kepribadian, ahlak mulia.

Kedua; menanamkan semangat kebangsaan ,cinta tanah air dan bela Negara. Dan ketiga; meningkatkan ketrampilan siap menjadi anggota masyarakat  yang bermanfaat, patriot dan pejuang yang  tangguh serta menjadi calon pemimpin bangsa yang handal pada masa depan.

Bertempat di halaman Dinas Lingkungan Hidup Banggai  (24/09/2018) dilantik pengurus, pamong, instrukstur satuan karya  (SAKA) Pramuka  Kalpataru cabang Kabupaten Banggai masa bakti 2014 – 2019 oleh Wakil Bupati Mustar Labalo. Hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Muhammad Kamil, Camat Luwuk dan seluruh peserta  pramuka Kabupaten Banggai.

Mustar mengaku pada intinya gerakan Pramuka adalah organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Indonesia. Sebagai sebuah organisasi, gerakan Pramuka tentu memiliki tugas pokok, tujuan, dan fungsi. Tujuan gerakan Pramuka jelas telah diuraikan baik dalam UU Nomor 12 tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka maupun dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) gerakan pramuka.

Tujuan gerakan prmauka sendiri adalah untuk membentuk setiap pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun NKRI, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup, tujuan tersebut diharapkan berhasil membentuk kader bangsa sekaligus kader pembangunan di Indonesia yang berkepribadian.

Kepribadian tersebut, kata Wabup lagi,  di antaranya adalah beriman dan bertakwa serta berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi. Di samping tersebut, diharapkan mampu membentuk sikap dan perilaku yang positif, dengan ditandai menguasai keterampilan dan kecakapan serta memiliki ketahanan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik. Dengan sikap-sikap tersebut akan menjadikan manusia yang berkepribadian Indonesia, yang percaya kepada kemampuan sendiri, sanggup dan mampu membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN