Wabup Lepas Pawai Akbar Tahun Baru Islam



Reporter/luwuk: Imam muslik

PUNCAK  kegiatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 hijriyah di Kabupaten Banggai diperingati dengan gerak jalan dan Tabliqh Akbar di Mesjid Agung Darusalam Luwuk, Selasa (11/09/2018).

Pawai Akbar diikuti kurang lebih 1.500 orang yang terdiri dari kalangan pelajar, majelis taqlim, ASN dan tokoh masyarakat dilepas Wakil Bupati Mustar Labalo.  Acara itu dihadiri Ketua DPRD, Sekab, Dandim 1308 LB, Kapolres diwakili Kabag Ops, Kepala Kantor Agama, Ketua MUI dan Kepala OPD.

Ketua PHBI Banggai, Alfian Jibran menyampaikan pawai akbar menyongsong 1 Muharam 1440 H dilaksanakan Pemkab bekerjasama dengan PHBI. Dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan tertinggi kepada seluruh warga muslim yang turut berpartisipasi. Harapan PHBI di tahun baru Islam dapat menunjukkan sikap-sikap yang lebih baik. Rute start dan finish dari masjid Agung Darusalam dan dirangkaikan dengan Tabliqh Akbar.

Sebelum melepas Pawai Akbar, Mustar Labolo menyampaikan bahwa acara tersebut berkaitan dengan Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Medinah. Yang perlu dimaknai memperingati 1 Muharam 1440 H yaitu bagaimana hijrahkan hati kita pada kebaikan. Penyakit hati adalah rasa iri, dengki, hasat. ‘’Apalagi menghasut, saatnya kita harus menghijrahkan hati yang saling menyayangi, mengasihi, menghormati dan saling menghargai itulah esensi dari hijrah. Hijrah dari pikiran yang bening dan bersih dan bersihkan dari pikiran yang kotor,’’ terang Wabup.

Mustar juga mengingatkan gerakan Pinasa tetap harus melekat di hati seluruh warga Kabupaten Banggai. Peserta gerak jalan semuanya harus peduli terhadap sampah kecil seperti tisu, puntung rokok semuanya harus dipungut dan dimasukan di kantong plastik. ‘’Gerakan ini harus terus menerus diajarkan kepada semua adik-adik pelajar agar semua terbiasa dengan Pinasa. Lihat sampah ambil.’’ Tegasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN