IMIP Didemo Terkait Perekrutan TK Lokal


Reporter  : bambang sumantri

SOLIDARITAS Tenaga Kerja (SORAK MOROWALI) menggelar aksi unjuk rasa di tiga titik, (17/10) lalu. Berkumpul di Lapangan Desa Bahodopi, massa aksi berorasi di kantor PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), dan melanjutkan aksi ke DPRD, serta kantor Bupati Morowali.

Massa menuntut agar pihak IMIP memprioritaskan pelamar kerja dengan Kode Nomor Induk Kependudukan (NIK) 7206 yang merupakan penduduk lokal Morowali. Massa juga menolak pungli terkait rekrutmen tenaga kerja, mutasi dan penempatan pekerja lokal sesuai keahlian dan tingkat pendidikan.

Selain itu, pihak perusahaan diminta untuk mengganti managemen dan sistem perekrutan tenaga kerja lokal, dan mendorong Bupati untuk segera merekomendasikan putra-putri Morowali agar ditempatkan pada bagian perekrutan tenaga kerja perwakilan tiap kecamatan.

SORAK Morowali juga meminta bupati memaksimalkan fungsi balai latihan kerja (BLK), guna memberikan pelatihan dan sertifikat calon tenaga kerja. Tuntutan lain, mendorong Bupati untuk memaksimalkan Perusda untuk pengelolaan potensi pertambangan demi meningkatkan PAD. Massa juga mendesak Bupati melakukan percepatan penandatanganan Perda Ketenagakerjaan.

Tuntutan lainnya, memprioritaskan putra putri Morowali dalam penerimaan mahasiswa baru di Kampus Politeknik Industri Logam Morowali dan tenaga medis di klinik IMIP tak ketinggalan menjadi salah satu tuntunan massa aksi yang dipimpin Masdam M Latirima sebagai korlap, Afdal Amin selaku Humas aksi, dan orator Asnan As'ad serta Irsad Amir.

Point terakhir yang juga menjadi tuntutan adalah pihak PT IMIP harus bertanggungjawab atas kerusakan lingkungan dan polusi udara yang timbul akibat aktifitas penambangan.

Bupati Taslim dan Wakil Bupati Najamudin menerima langsung seluruh massa aksi di ruang rapat kantor bupati. Taslim mengaku telah menjadwalkan pertemuan dengan managemen IMIP dan meminta agar tiga orang perwakilan massa, hadir dalam pertemuan itu.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu

Titik Eceran Koran Harian Kaili Post Di Kota Palu
close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN